Masyarakat, Pemuda, dan Mahasiswa Lampung Angkat Suara: Dugaan Korupsi dalam Preservasi Jalan dan Jembatan

Bandar Lampung, Jejakkasus.info

Aliansi terdiri dari Masyarakat, Pemuda, dan Mahasiswa Provinsi Lampung, termasuk Aliansi Pemuda Peduli Negri (APPN), Lembaga Aliansi Cegah Korupsi (LACAK), dan Pergerakan Aksi Lampung (PALU), menyampaikan keprihatinan terkait anggaran Preservasi Jalan dan Jembatan di beberapa kabupaten, khususnya ruas Sanggi – Gedong Tataan dan Sp. Gunung Kemala – Sanggi oleh Satker Wilayah II Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Lampung.22 November 2023

Aksi dan Agenda:

Hari/Tanggal: Jum’at, 24 November 2023
Waktu: 09.00 Wib S/d Selesai
Rute Aksi: Satker Wilayah II Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Lampung, dengan perwakilan BPKP Lampung – Kajati Lampung.
Jumlah Masa: 200 Mahasiswa dan Pemuda
Perlengkapan Aksi: Bendera, Megaphone, Sound system, Karton, Baleho Besar, Slebaran Aksi Moral
Tindak Lanjut:

Kelompok ini berencana menyampaikan hasil demonstrasi dan temuan kepada Kajati Lampung, Polda Lampung, Kajagung RI, BPK RI, BPKP RI, hingga Kementerian Pekerjaan Umum. Mereka menegaskan perlunya tindak lanjut serius terhadap dugaan korupsi yang merugikan negara dan masyarakat.

Pada pelaksanaan di Jalan Nasional Provinsi Lampung, lebih dari 200 Mahasiswa dan Pemuda akan menyuarakan ketidakpuasan terkait dugaan korupsi yang sistematis. Mereka menuntut Kementerian PUPR RI untuk mengevaluasi dan jika perlu, mencopot Kepala Satker Wilayah II Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Lampung.

Aliansi ini juga meminta pertanggungjawaban terkait pengurangan volume pekerjaan dan pengaspalan aspal yang tidak sesuai spesifikasi pada kegiatan Preservasi Jalan dan Jembatan. Mereka mendesak lembaga hukum, dari Kajati Lampung hingga KPK RI, untuk memeriksa dengan detail perealisasian kegiatan tersebut selama beberapa tahun terakhir.

Dalam upaya transparansi, aliansi mengajak semua pihak, termasuk media cetak dan elektronik, untuk bersama-sama memeriksa hasil kegiatan Preservasi Jalan dan Jembatan. Mereka berharap agar semua pihak dapat melibatkan diri dalam proses pemeriksaan langsung terhadap proyek-proyek yang telah dilaksanakan.

Rincian Pemenang Tender:

Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Sp. Gunung Kemala – Sanggi:

HPS: Rp. 19.188.539.000
Nama Pemenang: ODYSSEY PAPUA PERKASA
Harga Penawaran: Rp. 15.018.676.800
PW-07: Pengawasan Teknik Jalan dan Jembatan Sp Gunung Kemala – Bengkunat – Sanggi:

HPS: Rp. 2.343.827.000
Nama Pemenang: PT. Jakarta Rencana Selaras
Harga Penawaran: Rp. 2.003.543.000
Dengan dugaan ketidaksesuaian antara harga penawaran dan pekerjaan yang dihasilkan, aliansi berharap lembaga terkait segera mengambil langkah tegas untuk mengusut dugaan korupsi ini. Demonstrasi ini diharapkan menjadi panggilan untuk menjaga integritas dalam pelaksanaan proyek-proyek preservasi di Provinsi Lampung.

Bambang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *