Membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran

by -133 views

Oleh : Risqiqoh khalda maditiya.
Jurusan : manajemen
Fakultas: Ekonomi dan Bisnis.
universitas Muhammadiyah Malang.

Jejakkasus.info | Pengangguran merupakan istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencarikerja, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak.Pengangguran biasanya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerjatidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Pengangguran seringkalimenjadi masalah dalam perekonomian,karena dengan adanya pengangguran, produktivitasdan pendapatan masyarakat akan berkurang,sehingga dapat menyebabkan timbulnyakemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.Tingkat pengangguran dapat dihitung dengan cara membandingkan jumlah penganggurandengan jumlah angkatan kerja yang dinyatakan dalam persen. Ketiadaan pendapatanmenyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkanmenurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan. Pengangguran yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya.Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan politik keamanan dan sosial sehingga mengganggu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Akibat jangka panjang adalah menurunnya GNP dan pendapatan per kapita suatu negara.
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran dari faktor pribadi :
1. Faktor kemalasan
2. Faktor cacat atau umur
3. Faktor rendahnya pendidikan dan keterampilan
faktor ini merupakan penyebab utama meningkatnya pengangguran di Indonesia, diantaranya:
a. Ketimpangan antara penawaran tenaga kerja dan kebutuhan
b. Kebijakan Pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat
c. Pengembangan sektor ekonomid. Banyaknya tenaga kerja wanita
Beberapa hal yang menyebabkan pengangguran antara lain:
a. Penduduk yang relatif banyak
b. Pendidikan dan keterampilan yang rendah
c. Angkatan kerja tidak dapat memenuhi persyaratan yang diminta dunia kerja
d. Teknologi yang semakin modern
e. Pengusaha yang selalu mengejar keuntungan dengan cara melakukan penghematan-penghematan.
f. Penerapan rasionalisasi
g. Adanya lapangan kerja yang dengan dipengaruhi musim
h. Ketidakstabilan perekonomian, politik dan keamanan suatu Negara
Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tidak mendapat pekerjaan.
1. Kurangnya informasi
2. Tidak adanya sistem penerimaan publik
3. Sulit menerapkan kepintarannya dalam dunia pekerjaanHal inilah yang paling besar pengaruhnya dalam dunia kerja sekarang ini.
Masalah pengangguran di setiap negara tidak bisa dipandang remeh, termasuk di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) menjelaskan adanya kenaikan jumlah pengangguran di tahun 2017, yakni sebesar 10ribu orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017 dari Agustus 2016 sebesar 7,03 juta orang.
Keadaan serupa juga terjadi di sejumlah negara lainnya. Untuk itu masyarakat berharap agar pemerintah dan perusahaan swasta segera melakukan berbagai cara mengatasi pengangguran yang efektif, seperti berikut ini:
1. tidak menbeda-bedakan pekerja
Tidak sedikit perusahaan yang enggan menerima pekerja yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Misalnya saja dengan alasan perusahaan harus membayarkan asuransi istri dan anak karyawan mereka, ataupun memiliki resiko karyawan akan sering izin karena keperluan anak atau keluarga dan sebagainya.
2. Menerapkan konsep tim junior- senior
Pekerja muda dan tua menghadapi masalah yang sama dalam pasar tenaga kerja, yaitu tingkat pengangguran yang tinggi. Namun demikian kedua kelompok ini memiliki alasan yang berbeda. Jika pekerja muda tidak memiliki pengalaman kerja, pekerja tua mulai kehilangan produktivitas mereka. Solusi untuk mengatasi hal ini sekaligus cara mengatasi pengangguran yang berikutnya adalah dengan menerapkan konsep tim junior-senior di mana kedua kelompok tergabung menjadi satu. Keterampilan pekerja muda dan tua bisa saling melengkapi sehingga mendorong efektivitas kerja yang dilakukan.
3. Membuka lapangan pekerja baru
Pemerintah dan perusahaan swasta diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk menarik minat para pengangguran ataupun lulusan baru sehingga mengurangi angka pengangguran.
4. Memperbaiki kondisi ekonomi makro
Pertumbuhan ekonomi akan merangsang penciptaan lapangan kerja dan memberi dampak positif bagi kaum muda yang menganggur. Pemerintah harus memberi perhatian khusus pada sektor industri yang ramah terhadap pencari kerja muda untuk menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas.
Menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri merupakan solusi untuk memperoleh penghasilan dan juga kita tidak tergantung dari orang lain. Juga dalam menciptakan lapangan pekerjaan itu dapat memiliki penghasilan yang tak terbatas jika konsisten dalam mengembangkannya.
Dalam menciptakan suatu lapangan pekerjaan bukan hanya modal yang diutamakan melainkan juga suatu kemauan, tekad dan optimis serta percaya diri. Dan yang paling terpenting adalah tekad kita untuk menjadi lebih baik demi masa depan. Hal ini tentu dapat merubah diri kita menjadi lebih baik.
Adapun cara untuk menciptakan lapangan pekerjan:
• Mulai dari yang anda sukai. Seperti yang banyak orang katakana melakukan sesuatu itu dimulai dari apa yang kita sukai. Karena kalau kita menyukainya maka kita akan melakukan pekerjaan tersebut dengan sepenuh jiwa.
• Tidak takut gagal. Seperti kita ketahui banyak orang diluar sana yang ingin memulai usahanya tetapi karena perasaan takut akan kegagalan yang menghantui mereka sehingga untuk memulai suatu usaha tak mampu. Jadi sangatlah penting untuk melepas rasa takut sebelum memulai suatu pekerjaan. Karena masalah berhasil atau tidaknya adalah urusan belakangan, yang terpenting yang terpenting kita harus berani mencobanya.
• Dari paling mudah. Jika kesulitan akan usaha yang besar maka dapat dimulai dari usaha yang kecil atau paling mudah. Sehingga dengan seiring berjalannya waktu kemampuan usaha akan meningkat. Jenis-jenis usaha yang mudah seperti jualan gorengan, pulsa dll.
• Bisnis dengan modal kecil. Jika masalahnya adalah keterbatasan modal maka pilihlah usaha dengan modal yang kecil namun dapat berkembang. Seperti bisnis jual beli online yang ada diinternet.
• Perencanaan yang matang. Setelah kita menggeluti usaha tersebut yang kita perlukan adalah perencanaan atau planning. Perencanaan ini berguna agar usaha yang dikembangakan berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *