Memprihatinkan! Mobil Walikota pun Melewati Kubangan Amis di Jalan AW Harefa Desa Madula

oleh -78 views

Jejak Kasus.Info || Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Miris banget..! Pemandangan tidak sedap tampak di badan Jalan AW Harefa Dusun I (satu) Desa Madula, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli. Sudah lebih setahun lamanya Jalan tersebut tergenang. Ukuran genangan sekitar 10 meter lebih menutupi seluruh badan jalan. Keadaan itu sangat mengganggu para pengendara yang melewati jalan tersebut.

Seorang warga setempat Yunus Harefa mengeluhkan situasi tersebut lantaran berada persis di depan rumahnya. Yunus mengatakan”Genangan air bermula ketika ada aktivitas alat berat di lanah Warga sekitar ratusan meter ke arah utara dari lokasi genangan.” kenang Yunus warga setempat.

Dia bersumsi bahwa ada aliran air dari wilayah bekas galian alat berat pada waktu itu. Air yang mengalir langsung membawa semua limbah kotor warga lainnya ke badan jalan yang rendah di depan rumahnya. Hingga, genangan menjadi hitam pekat, berbau amis dan tidak sedap.

Yunus menjelaskan: “Air genangan bisa meluap ketika hujan deras dan membanjiri rumah warga, untung saja saya menimbun halaman rumah saya ini.” keluh Yunus Harefa. Dia membuat parit kecil di samping rumahnya untuk mengarahkan air genangan, namun kurang efektif. Dia juga mengharapkan bantu dan perhatian Pemerintah dan Dinas terkait agar air genangan tersebut dapat dialirkan ke parit tersebut.

Yunus menambahkan bahwa Jalan AW Harefa merupakan jalan umum yang sangat penting di Kota Gunungsitoli. Pasalnya, Jalan AW Harefa menghubungkan Gunungsitoli bagian Selatan dan dari arah Jalan Nias Tengah yang menuju kawasan perkantoran Gunungsitoli atau ke arah pusat Gunungsitoli dan Gunungsitoli Barat. Begitu juga sebaliknya, ketika Mobil Walikota, para Pejabat/Elit dan warga masyarakat yang berasal dari Dahana Tabaloho menuju Faekhu.

Yunus mengakui bahwa belum ada tindak-lanjut dari Pemerintah Desa, bahkan Dinas dan Pemkot terkesan tidak mau tahu, dan mengabaikan hal ini. Harapannya bagi Pemerintah agar memberi solusi yang terbaik bagi Warga, terutama kenyamanan dan keselamatan bagi para pengendara di Jalan AW Harefa. (Bil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *