Meski PSBB Telah Berlangsung, Diduga Mafia Minyak BBM di Kota Dumai Terus Beroperasi

by -46 views

Jejakkasus.info | Dumai – Sudah kesekiankalinya Pemberitaan dirillis oleh beberapa Media terkait Mafia Minyak BBM yang beroperasi di saat Pandemi COVID-19 dan Pembatasan Sosial Bersekala Besar(PSBB) di Kota Dumai, sampai saat ini masih beroperasI dan belum ada tindakan dari Penegak Hukum terkait.

Saat ini Masyarakat Kota Dumai dibatasi oleh PSBB, kenapa Mafia yang ada di Kota Dumai tidak terkena PSBB? Hal ini menjadi pertanyaan besar dari Masyarakat. Masyarakat disuruh memakai Masker bila keluar Rumah, akan tetapi Para Mafia yang beroperasi di Gudangnya masing-masing, terlihat dari Pantauan, tidak mengikuti Aturan yang sudah ditetapkan.

Salah satu Tokoh Masyarakat Kota Dumai, JH (Inisial), saat dimintai keterangannya menyatakan “Kenapa hanya Masyarakat saja yang terkena Aturan PSBB, sementara Kencing Minyak yang merugikan Negara tumbuh subur di tepian Kota Dumai,”ujar JH (Inisial), saat ditemui Awak Media, Sabtu, 24/05/2020.

Hasil dari Investigasi lanjut pada Hari Khamis, 21/05/2020, Awak Media langsung check Lapangan, ternyata Operasi Mafia BBM ini masih terus berjalan lancar. Keberadaan Mafia Minyak BBM ini sudah lama beroperasi dengan cara menampung Kencing Minyak dari Mobil Tangki BBM yang bermerk Pertamina di bawah naungan PT. Elnusa, sebaga Jasa Transportation BBM di Kota Dumai.

Padahal menurut UU Migas Ayat (1) berdasarkan Jiwa Pasal 33 Ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945, Minyak dan Gas Bumi sebagai Sumber Daya Alam Strategis yang terkandung di dalam Bumi Wilayah Hukum Pertambangan Indonesia, merupakan Kekayaan Nasional yang dikuasai Negara. Penguasaan oleh Negara sebagaimana dimaksud di atas adalah agar Kekayaan Nasional tersebut dimanfaatkan bagi sebesar-besar Kemakmuran smSeluruh Rakyat Indonesia. Dengan demikian, baik Perseorangan, Masyarakat maupun Pelaku Usaha, sekalipun memiliki hak atas Sebidang Tanah di Permukaan, tidak mempunyai hak menguasai ataupun memiliki Minyak dan Gas Bumi yang terkandung di bawahnya.

Sesui dengan bunyi Undang Undang yang disebut diatas bahwasanya hasil Minyak Bumi itu Kekayaan Nasional yang dikuasai Negara. Mengapa Mafia Minyak yang ada di Kota Dumai tidak dipantau oleh Penegak Hukum Negara, sudah jelas terbukti merugikan Negara karena Mafia Minyak tersebut menampung Kencing Minyak BBM dan memperjualbelikan kembali ke Masyarakat maupun Industri dengan harga miring.

Lanjut JH, seorang Tokoh Masyarakat Kota Dumai, “Ada apa dengan Mafia BBM yang ada di Kota Dumai, kenapa sudah bertahun tahun Operasi Ilegal ini tidak disentuh oleh Penegak Hukum yang ada khususnya Riau atau Kota Dumai,”ujar JH, saat memberi keterangannya ke Awak Media Jejakkasus.info.

Tambahnya, “Kalau kita Masyarakat diharuskan memakai Masker untuk mengantisipasi Virus COVID-19 dan mengikuti Aturan yang ditetapkan oleh Walikota Dumai tentang PSBB, namun Oknum tersebut seperti tutup mata melihat Para Mafia Minyak BBM terus beroperasi ada apa?,”imbuh JH.

Harapan JH dan Masyarakat Kota Dumai, “Diminta kepada Pihak yang berwajib dari Pekanbaru, maupun Pusat, harus turun ke Kota Dumai dan semoga hal ini mendapat Perhatian dari Aparat Provinsi Riau,” tutupnya.

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *