Meski Surat di Luncurkan, PT. Mangli Dian Perkasya, Tak Indahkan Teguran Disperbun Jatim.

by -67 views

Kabupaten Kediri, Jawa Timur | www.jejakkasus.info – Perseroan Terbatas (PT) Mangli Dian Perkasa terkesan tak mengindakan, dan menyepelehkslan surat teguran No.525/524/121.4/2020 Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur terkait adanya kegiatan penambang pasir galian c di loksi tersebut.

Hal ini di katakan Supriyanto Ketua LSM Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti Koropsi (GMICAK), bahwa lokasi PT Mangli Dian Perkasa merupakan wilayah Hak Guna Usaha (HGU) di peruntukan untuk perkebunan bukan untuk kegiatan tambang Galian C.

“Pertanyaan kami, apakah boleh tanah negara di tambang, terus bagaimana prosesnya, ini wilayah kebun bukan di peruntukan untuk pertambangan, “Ucap Ketua LSM GMICAK Kepada Jejakkasus.info. Jum,at (16/10/2020).

Menurut Supriyanto, jika kita melihat Permentan no 98 tahun 2013 Tentang Pedoman Perizinan Perusahaan Perkebunan.

Pasal 33 Ayat (1) Perusahaan Perkebunan yang memiliki IUP-B atau IUP dan akan melakukan perubahan jenis
tanaman, harus mendapat persetujuan dari gubernur atau bupati/walikota sesuai kewenangan

“Jadi terkait perubahan tanaman saja prosesnya sangat rumit, Bagaiman jika mengambil pasirnya, apakah semudah itu,jelas tidak mungkin, maka dalam hal ini di sinyalir dugaan adanya tindak pidana penyalagunaan kewenangan, “Jelas Kata Ketua LSM yang akrab di sapa Pak Ilyas tersebut.

Supriyanto menambanhkan, persoalan di PT Perkebunan Mangli Dian Perkasa bukan merupakan delik aduan absolut, melainkan delik khusus, meskipun tidak ada aduan dari masayarakat atau LSM seharusnya pihak Polres Kediri suda respek.

“Yang jelas, jika dalam waktu dekat tidak ada kejelasan, kami akan segera bersurat kepada Dinas, Penegak Hukum  berkoordinasi dengan Pihak Hukum terkait beserta Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). “Tegas Supriyanto.

Secara terpisah, saat di konfirmasi Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono melalui Pesan singkat Whatshap mengatakan akan segera menindaklanjuti dengan kata singkat “trimaksi Infonya”. (Tim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *