Mitos dan Misteri Uniknya Pantai Kejawanan Kota Cirebon

by -498 views

 

jejakkasus.info | Provinsi Jabar – Kota Cirebon – Jika dilihat di peta, letak Kota Cirebon atau Kota Udang dekat dengan pesisir utara Jawa sehingga sering dilewati oleh masyarakat dari Ibu Kota Jakarta apabila hendak pulang kampung.

Kota Cirebon memiliki beberapa pantai terkenal, sehingga menjadi destinasi tujuan wisata alam dan keluarga.

Salah satu terfavorit masyarakat Cirebon dan sekitarnya tersebut adalah Pantai Kejawanan yang juga sebagai salah satu wisata pengobatan atau wisata terapi.

Pantai Kejawanan sudah sangat terkenal oleh masyarakat Cirebon, dan bahkan Jawa Barat (Jabar) dan sekitarnya karena mitos dan misteri uniknya tersendiri.

Para penduduk sekitar mempercayai salah satu mitos di tempat ini yakni airnya yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

“Masih menjadi misteri, namun berendam di Pantai Kejawanan ini dapat menyembuhkan penyakit ringan maupun berat, dari mulai reumatik, asam urat, penyakit kulit, radang tenggorokan, hingga stroke, diabetes dan lain sebagainya,” ujar salah seorang pengunjung Mimi (45) yang sering datang berendam di air laut Pantai Kejawanan Kota Cirebon Provinsi Jabar, Minggu (6/1/2019) pukul 15.35 WIB.

Pantai dan juga sebuah tempat merangkap pelabuhan ini pun menyimpan sejarah dan rahasia menarik yang menjadikannya sebagai tempat wisata pengobatan.

“Pantai Kejawanan ini terkenal dengan pemandangan sunset atau matahari terbenamnya yang terlihat dengan jelas. Sehingga bagi pengunjung yang hobi mengambil foto, gambar atau photos selfie, tempat wisata ini sangat cocok dan sangat instagramable,” tutur Mimi.

Sementara itu pedagang makanan dan minuman dilokasi wisata Pantai Kejawanan, Mia (38) mengatakan berjualan disini tidak ada pungutan apapun (gratis).”Cuma kalau pihak pelabuhan membutuhkan untuk bangunan TPI dan sebagainya, kita pedagang tidak ada protes atau membangkang, siap membantu,”ujarnya.

Di singgung berapa penghasilan yang diperolehnya. Dia mengakui setiap hari pendapatan Rp400 ribu, pada saat hari libur bisa meraup keuntungan Rp600 ribu.”Alhamdulillah, mas hari minggu ini penghasilan dari berdagang makanan dan minuman lumayan dan pengunjung ramai,” tukas Mia.

Laporan: Rasoma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *