Nanang Ermanto Resmikan Gedung Sekretariat Puspaga Ragom Mufakat Kabupaten Lampung Selatan

Lampung Selatan,Jejakkasus.Info KALIANDA, – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meresmikan Gedung Sekretariat Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Ragom Mufakat Kabupaten Lampung Selatan yang berada di Komplek Masjid Agung Kalianda, Senin (27/12/2021).

Peresmian itu turut dihadiri juga oleh Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Nuri Maulida Pandu, Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin bersama Ketua DWP Yani Thamrin.

Kemudian hadir anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan dari Fraksi Golkar serta beberapa perwakilan anggota Forkopimda Lampung Selatan lainnya.

Hadir juga Dr. Sowiyah, M.Pd selaku Penasehat dan Pakar Puspaga, Kepaa Bidang Tumbuh Kembang Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung Leni Yulianda, serta para pejabat utama di lingkup Pemkab Lampung Selatan.

Kepala Dinas PPPA Kabupaten Lampung Selatan, Anasrullah menjelaskan, tujuan diresmikannya Gedung Sekretariat Puspaga itu yakni untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera yang dilakukan oleh tenaga profesional.

“Seperti tenaga konselor, baik psikolog atau sarjana profesi bidang psikolog, bimbingan konseling, atau pekerja sosial yang telah memahami Konvensi Hak Anak melalui peningkatan kapasitas orang tua/keluarga yang bertanggungjawab terhadap anak dalam mengasuh dan melindungi anak dari kekerasan, eksploitasi, perlakukan salah, dan penelantaran,” ujarnya.

Disamping itu kata Anasrullah, peresmian Gedung Sekretariat Puspaga Kabupaten Lampung Selatan itu juga memiliki tujuan khusus yakni tersedianya layanan keluarga one stop service atau layanan satu pintu keluarga Holistik Integratif Berbasis Hak Anak.

Kemudian, tersedianya tempat pembelajaran keluarga melalui penyedia layanan bagi keluarga, tersedianya tempat untuk mendapatkan layanan informasi, konsultasi, dan konseling bagi anak, orang tua atau orang yang bertanggungjawab terhadap anak.

Lalu, tersedianya tempat penghubung rujukan sebagai solusi bagi permasalahan anak dan keluarga dan menguatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak untuk mewujudkan keluarga yang berkesetaraan gender dan sesuai hak anak.

“Juga untuk menguatkan sinergitas kerja sama antara pusat dan daerah dalam pemenuhan hak anak dan kualitas keluarga,” terang Anasrullah.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi dengan telah dibangunnya Gedung Sekretariat Puspaga Khagom Mufakat tersebut.

Nanang berharap, keberadaan Gedung Pupaga tersebut dapat memberikan manfaat sebagai pusat informasi dan pusat konseling bagi keluarga hingga ketingkat desa.

“Manfaatkan gedung ini dengan sebaik-baiknya.Semoga bisa bermanfaat untuk mengedukasi keluarga mulai dari kecamatan dan tingkat desa,” kata Nanang dalam sambutannya.

Nanang juga berharap keberadaan Puspaga Khagom Mufakat itu, mampu memberikan pelayanan yang terbaik sehingga hak-hak dan kebutuhan anak seperti kasih sayang, kelekatan, keselamatan dan kesejahteraan yang menetap dan berkelanjutan dapat terpenuhi, termasuk perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan yang salah dan penelantaran.

“Mudah-mudahan Kabupaten Lampung Selatan ini bisa menjadi percontohan bagi daerah lain. Kabupaten Lampung bebas dari kekerasan terhadap anak dan benar-benar menjadi Kabupaten Layanak Anak sesuai dengan apa yang kita harapkan,” katanya.

Selain itu, Nanang juga berharap keberadaan Puspaga itu kedepannya dapat memberikan pelayanan yang maksimal, tidak membeda-bedakan latar belakang seseorang, serta lebih peka dalam menangkap setiap persoalan yang terjadi di masyarakat, dan bersikap antisipatif.

“Keberadaan Puspaga Khagom Mufakat ini diharapkan mampu menjembatani antara program pemerintah dengan aspirasi masyarakat serta keluarga. Sehingga bisa saling melengkapi dan bersinergi. Keberadaan Puspaga ini juga diharapkan dapat dirasakan oleh masyarakat dalam memberikan rasa aman, kenyamanan dan kesejahteraan bagi anak,” tandasnya. (Joe/AZ/kmf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *