TNI  

Pama Puslatpurmar 3 Grati, Hadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam Kab Pasuruan

Jejakkasus.info |Pasuruan

Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Danpuslatpurmar) 3 Grati Letkol Marinir Kartika Wijaya Setyawan S.H., M.A.P., M.Han., yang diwakili oleh Perwira Pertama (Pama) Puslatpurmar 3 Grati Kapten Marinir Saiful menghadiri undangan Apel Siaga Bencana Alam dan Gelar Perlengkapan Bencana Alam Tahun 2022 Kabupaten Pasuruan, bertempat di Komplek Perkantoran Kab. Pasuruan Jl Raya Raci Km 9 Bangil Pasuruan, Selasa (08/11/2022).

Apel Kesiapsiagaan bencana tersebut dilakukan untuk mengecek persiapan personel maupun peralatan mulai dari TNI, Polri, BPBD serta pihak terkait lainnya dalam menghadapi cuaca ekstrim, angin puting beliung, banjir serta bencana alam lainnya.

Apel Gelar tersebut bertujuan untuk melihat kesiapan serta menyiapkan unsur-unsur terkait beserta perlengkapannya, apabila terjadi bencana alam yang sering terjadi sewaktu musim hujan tiba guna untuk mengurangi terjadinya banjir, tanah longsor, angin puting beliung serta dalam menjaga kesiapsiagaan dan meningkatkan koordinasi dengan instansi serta saling bekerja sama, hal ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M yakni Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Bertindak selaku pengambil Apel adalah Bupati Pasuruan Drs Irsyad Yusuf dalam amanatnya mengatakan bahwa Bencana alam merupakan suatu kejadian yang tidak pernah kita ketahui kapan akan terjadi, Kita semua harus dapat melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi. Apabila terjadi bencana alam tersebut sehingga dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana.

Penanggulangan bencana tentunya bukan menjadi tanggung jawab aparat pemerintah semata, namun ini menjadi tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah, TNI, Polri, maupun elemen masyarakat lainnya. Saya berharap apel gelar pasukan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam ini bukan hanya kegiatan seremonial semata, akan tetapi ini merupakan manifestasi kesiapan pemerintah daerah, TNI, Polri, maupun berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana.

Hadir dalam apel gelar bencana tersebut :
Bupati Pasuruan Drs Irsyad Yusuf, Wakil Bupati Pasuruan KH. Mujib Imron S.H, Dandim 0819 Pasuruan Letkol Inf Nyarman, Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi SH., S.I.K., M.Si., Kapolresta Pasuruan AKBP R.M Jauhari S.H, S I K., Danpuslatpurmar 3 Grati diwakili Kapten Marinir Saiful dan Forkopimda Kab. Pasuruan.

(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *