Pekon Banyumas Berhasil Wujudkan Pencegahan dan Penanganan Stunting

PRINGSEWU, Jejakkasus.info – Pringsewu Cegah Stunting (Princes) ialah salah satu amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah pekon agar memprioritaskan penggunaan dana desa ditahun 2020-2021 untuk pencegahan dan penanganan Stunting di pekon Banyumas kecamatan Banyumas kabupaten Pringsewu, Senin (27/12/21).

Saryati selaku Kader Pemberdayaan Manusia (KPM) mengatakan kegiatan penurunan dan pencegahan Stunting ini sudah kami lakukan sejak tahun 2020, hingga ditahun 2021 ini sudah mengalami penurunan.

Program-program penanggulangan Stunting yang telah dilakukan diantaranya adalah; Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada Balita dan Ibu Hamil, Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri dan ibu hamil, peningkatan cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi dan balita, pemberian vitamin A.

“Setiap elemen harus terlibat baik dari masyarakat ataupun lingkungan, terutama pihak keluarga selalu awasi ibu hamil, karena ibu hamil itu yang akan melahirkan anak Stunting, ibu hamil itu jangan sampai terkena kondisi energi kronik, jadi dia harus rutin cek kesehatan”, ucap Saryati.

Sementara Kepala pekon Banyumas, Wasino sangat mendukung kegiatan Pringsewu Cegah Stunting (Princes) guna menurunkan Stunting khususnya di pekon Banyumas.

“Kami akan lebih fokus dalam penanganan Stunting menggerakkan dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan penanganan Stunting”, ucap Wasino.

Wasino menambahkan saya dengan adanya pencegahan dan penanganan Stunting ini, InsyaAllah dapat mewujudkan masyarakat yang sehat dan cerdas terutama untuk anak anak dan balita di pekon Banyumas, pungkasnya. (BAMBANG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *