Pelantikan Pengurus IGI Kabupaten Bondowoso Dan Seminar Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital

Berita – Jejakkasus.info -, Bondowoso – Dalam rangka pelantikan pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) periode 2021-2022 dan Seminar tantangan pendidikan karakter di era digital yang bertempat di Aula SMK Nengeri 1 Bondowoso. Sabtu (15/10/2022).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Bondowoso H.Bachtiar Rahmat menyampaikan, pelantikan pengurus ikatan guru Indonesia untuk Kabupaten Bondowoso periode 2021-2026 Semoga dapat terus bersinergi dalam mewujudkan Bondowoso melesat melalui jalur pendidikan teruskan ciri khas guru-guru ide untuk selalu sharing and drawing together berbagi tumbuh bersama guru. “Saya juga mengapresiasi atas terselenggaranya seminar tentang tantangan pendidikan karakter di era digital, dengan seminar ini saya berharap dapat mencetak SDM yang berkarakter membuka praktik baru bagi guru dan tenaga pendidik lainnya yang akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan di Bondowoso, “jelasnya.

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengedepankan esensi dan makna terhadap moral  sehingga hal tersebut akan mampu membentuk pribadi peserta didik yang bermoral berakhlak mulia toleran tangguh dan berperilaku baik pendidikan karakter yang menjadi salah satu utama pemerintah saat ini.

Wabup Irwan juga menyampaikan, pada pelantikan pengurus ikatan guru Indonesia ini untuk cabang Bondowoso sangat tepat diikuti oleh seminar yang temanya adalah tantangan pendidikan karakter di era digital. “Memang akhir-akhir ini dengan adanya era digitalisasi begitu pesatnya kemajuan teknologi terkadang kita belum siap terbukti banyak dari kemarin kita yang masih menebarkan, ini adalah satu bukti ketidaksiapan kita banyak dari kita menyebarkan berita-berita bohong berita-berita fitnah berita menghujat dan sebagainya. Sehingga pada kesempatan yang sangat tepat dengan pelantikan ikatan guru Indonesia ini diikuti oleh seminar tentang pendidikan karakter di era digitalisasi tidak bisa kita kesampingkan,  karena ini terus tumbuh berkembang bersama, “tuturnya.

Wabup berharap, Kita harus banyak memberikan pendidikan karakter kepada anak didik kita mulai Usia Dini karena dengan pendidikan karakter ini bisa memfilter dari kemajuan-kemajuan maupun modernisasi yang ada yang hadir di tengah-tengah kita sehingga dengan pendidikan karakter kita bisa Memfilter. “Ilmu tanpa adab ibaratkan api tidak ada kayu bakarnya ibaratkan badan tanpa roh sehingga dengan pendidikan karakter ini saya berharap Seminar ini nantinya bisa memberikan wawasan kepada kita semua, “harapnya.

Pentingnya pendidikan karakter pendidikan ini dirasa sangat penting untuk menghadapi tantangan pendidikan di era globalisasi karena melalui pendidikan karakter inilah dasar pengembangan SDM suatu bangsa akan diawali semua dilakukan agar anak didik nantinya memiliki pribadi yang mampu menghadapi tantangan globalisasi di masa yang akan datang.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa teknologi secara gratis setelah mengubah dunia pendidikan menjadi serba digital, para pendidik harus ada bahwa era digital merupakan tidak dapat dihindari. Oleh karena itu mau tidak mau guru harus meningkatkan kompetensinya dan memahami perkembangan teknologi informasi sehingga pembelajaran dapat disesuaikan metode pembelajaran yang secara digital dengan latar belakang tersebut. “Saya berharap guru IGI harus melakukan inovasi pendidikan yang mampu memadukan antara pendidikan karakter dari digitalisasi pendidikan keduanya harus berjalan dengan mendiri  seperti pendidikan adalah sesuai dari tolak dan hari ini melalui Seminar kita akan belajar bersama untuk menaklukkan tantangan itu, “katanya.

Tidak ada yang tidak mungkin untuk menaklukkan tantangan tersebut kata Wabup Irwan, semua membutuhkan komitmen bersama mulai dari guru orang tua masyarakat dan pemerintah Mari bersama-sama kita bangun Generasi masa depan bangsa berkualitas cerdas dan berkarakter, “Saya ucapkan selamat bertugas bagi kepengurusan IGI Bondowoso yang baru dilantik dan kepada guru-guru saya juga  ucapkan selamat seminar pendidikan denga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *