Pembangunan Proyek Jembatan Desa Lebani Suko diduga melanggar UU No. 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Publik

by -317 views

Proyek Jembatan yang di Bangun Langsung oleh Pemerintah Desa Lebani suko Rt 01/Rw 01 Wringin anom sampai selesai tanpa papan Nama setelah di sorot warga, Baru Kepala Desa pasang.

Jejakkasus.info – Gresik – Jawa Timur -, Undang undang (UU) keterbukaan informasi publik (kip) No 14 tahun 2008 perpres Nomer 54 tahun 2010 dan Nomer 70 tahun 2012.

Di mana menyatakan setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai oleh negara, wajib memasang papan nama proyek.di mana memuat jenis kegiatan lokasi proyek, Nomer kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak.serta jangka waktu pelaksanaan pekerjaan “pemasangan papan proyek merupakan implementasi atas transparansi.

Sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses mengawasi. polemik proyek pengerjaan jembatan di lingkungan desa lebani suko Rt 01/ Rw 01 kecamatan wringin anom Gresik jawa timur terus bergulir. “karena dengan adanya papan proyek bangunan jembatan yang hampir tiga bulan sudah selesai, baru terpasang setelah di beritakan oleh awak media. padahal papan proyek itu berfungsi sebagai Control publik. tapi kenapa baru di pasang. ujar salah satu warga setempat yang namanya enggan di sebutkan 3/juli/2020.

Pada saat di temui Awak midia Jejak Kasus kepala desa Lebani suko Mustofa membenarkan, untuk papan proyek jembatan yang di bangun di lingkungan Rt 01/Rw 01 sengaja belum di pasang,menunggu pasca tahap Finising (penyempurnaan/penyelesaian), karena jembatan tersebut belum seratus persen selesai. dampak adanya Pandemi Covid-19 (Corona) menurut Mustofa, Kepala desa lebani suko, dan proyek bangunan jembatan di Rt 01/ Rw 01 menelan biaya kurang lebih 65 juta. dana di ambil dari dana Sipa 2019 40 juta / 25 juta dana DD 2020,ujar kepala desa lebani suko (mustofa) 48 tahun.saat di komfirmasi,kenapa pemasangan papan proyek tidak di pasang awal di bangunnya proyek jembatan tersebut…? kepala desa lebani suko (Mustofa) Enggan menjawab.

Supriyanto als ilyas (Pria Sakti) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti Korupsi (GMICAK) Menerangkan ada dugaan Desa menyimpang dari Dasar
Surat Edaran (SE) Menteri Desa, Pembagunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) No 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.
(Hasan JKtv priya sakti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *