Pembuangan Limbah B3 Abu Alumunium Di Dusun Sumput

by -844 views

NGO PMBDS Temukan Tempat Pembuangan Limbah B3 Abu Alumunium Di Dusun Sumput, Desa Medali.

Jejakkasus.info | Mabes Polri – Polda Jatim – Polres Mojokerto, Belum lama Pengusaha Nakal Buang Limbah B3 Ngawur, Yakni 2 (dua) mobil Dump Truk pengagkut Limbah B3 Abu Alumunium dengan No. Pol DK 9413 KK dan No. Pol S 8704 UP di Pemukiman Warga Dusun Jetak Desa Pugeran Kecamatan Gondang Kab Mojokerto di Larikan ke Mapolres Mojokerto.

Limbah B3 Abu Alumunium

Di Jumpai Lagi Tempat Pembuangan Limbah B3 Jenis Abu Alumunium di Pemukiman Dusun Sumput, Desa Medali, Kecamatan Puri, Kanupaten Mojokerto. Selasa 26 Maret 2019.

Dari hasil kofirmasi, Limbah Bahan Baku Beracun (B3), Abu Alumunium tersebut di datangkan dari Wilayah Hukum Polres Jombang, Yakni Dusun Jombok, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben.

Menurut Supriyanto Als Pria Ketua Umum NGO PMBDS Menjelaskan: Berdasarkan PP No.101 tahun 2014 pengangkutan limbah B3 wajib dilakukan dengan alat tertutup untuk limbah B3 kategori 1, sedangkan pengangkutan limbah B3 dapat dilakukan dengan alat angkut yang terbuka untuk limbah B3 kategori 2. Oleh sebab itu alat angkut yang digunakan harus sesuai dengan limbah B3 yang akan diangkut, serta alat angkut tersebut harus dilengkapi dengan simbol limbah B3 yang diletakan pada badan kendaraan sesuai limbah B3 yang angkut sebagai rambu bahaya atas limbah B3 tersebut.

Selain kelengkapan tersebut diatas, pengangkutan limbah B3 juga harus dilengkapi dengan dokumen saat pengangkutan berlangsung yaitu manifest, manifest dikeluarkan oleh pihak pengangkut (transporter) limbah B3 yang didapat dari KLH saat terbitnya rekomendasi pengangkutan limbah B3. Manifest berupa lembaran 7 atau 11 rangkap yang mencakup informasi penghasil, pengangkut, dan penerima limbah (Pemanfaat/Pengolah/Penimbun).

Kesimpulannya adalah alat angkut / kendaraan untuk mengangkut limbah B3 memiliki unit dan izin khusus, serta pengangkutan bisa dilakukan apabila penghasil sudah ada kontrak kerjasama dengan pengelola limbah B3 dengan menentukan tujuan akhir limbah.

Lebih Lanjut Ketua Umum NGO PMBDS Kecam Keras terhadap Pengusaha B3 Nakal, Pria Sakti bakal kerja sama dengan penegak hukum terkat dan Jebloskan ke Kandang Macan Penjara. ( Pria Sakti ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *