Pembukaan Resmi Peserta KKN Kelompok 213 UINSU

Jejakkasus.info | Deli Serdang,-, Mahasiswa Kelompok 213 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tuntungan I Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang.

KKN Mahasiswa UINSU Medan Kelompok 213 tersebut secara resmi dilaksanakan, Senin (18/07/2022) yang dihadiri 24 peserta dan Kepala Desa Tuntungan 1, Surya Darma Sembiring serta Dosen Pembimbing Delfriana Ayu A, SST, M.Kes.

Menurut, Ketua Kelompok 213, Alvi Syahri Daeli mengatakan, KKN adalah suatu bentuk kegiatan atau aktivitas perkuliahan mahasiswa di luar kelas berupa pengabdian kepada masyarakat, untuk membantu masyarakat dalam memecahkan permasalahan pembangunan.

Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung 1-2 bulan. Dalam kegiatan KKN untuk kelompok 213 diikuti 24 peserta terdiri dari 17 wanita dan 7 lelaki di daerah” setingkat desa yakni Tuntungan 1 Pancur Batu.

Untuk itu, dengan paradigma/tema KKN UINSU berfokus pada Wahdatul Ulum dan Moderasi Beragama yang ditetapkan dan dilaksanakan oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) bekerjasama dengan fakultas di lingkungan UINSU.

Tujuan KKN adalah sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mempunyai jiwa sosial tinggi, untuk bergerak dan beraksi bersama dalam satu naungan visi misi, dan sebagai sarana untuk mentransformasikan ilmu diperguruan tinggi ke masyarakat di tempat mereka tinggali dan membantu masyarakat sekitar untuk memecahkan masalah secara komprehensif atau mencari solusi lintas sektoral, pragmatis dan meningkatkan sistem pembangunan desa.

Wujud dari pelaksanaan peserta KKN kelompok 213 ini berdasarkan dengan tema Revitalisasi Peran UINSU Menuju Masyarakat yang Bermartabat.

Kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan program kerja terhadap buta huruf Al-Qur’an di Desa Tuntungan 1 Kecamatan Pancur Batu KabupatenDeli Serdang.

Dijelaskannya, selain itu, peserta KKN melakukan program kerja di Desa, perayaan 1 muharam, survei pabrik opak, pembelajaran fardu khifayah, Maghrib mengaji, mengajar di sekolah, pelaksanaan Tabligh Akbar, gotong royong, sosialisasi edukasi cuci tangan pada anak-anak, sosialisasi dari BPBD tentang penanggulangan bencana, sosialisasi tentang stunting di posyandu, perwiridan ibu, pengadaan bibit tanaman, seminar tentang moderasi beragama, dan festival 17 Agustus, jelas Alvi

Sementara, Kepala Desa Tuntungan1, Surya Darma Sembiring mengucapkan, “selamat datang dan mengapresiasi kegiatan yang akan dilakukan KKN UINSU Kelompok 213 di desa Tuntungan 1, semoga kehadirannya di desa ini dapat membantu membangun desa untuk lebih baik dan berharap kita saling berpegang tangan untuk melaksanakan kegiatan yang akan dilaksanakan di desa ini agar terlaksana dengan adil dan baik,” pungkas Kades.( TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *