Pemda Nias Launcing Program Payung ALAKKIA di RSUD dr M Thomsen Nias

Nias l Jejakkasus.info – Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tehesokhi Hulu, SIP bersama Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nias Rahmani Oktaviani Zandroto, SKM didampingi Direktur RSUD dr. M. Thomsen Nias dr. Noferlina Zebua melaksanakan kegiatan Launching Program Payung Alakkia yaitu Pelayanan Langsung Akte Lahir, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak kepada Anofula Waruwu warga Desa Umbu Kecamatan Gido Kabupaten Nias di ruang perawatan Azalea RSUD dr. M. Thomsen Nias.senin, 29/08/2022

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabuten Nias menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sedang melaksanakan beberapa Inovasi pelayanan publik yaitu Samati, Kabari dan Payung Alakkia. Kunjungan hari ini adalah inovasi Payung Alakkia (Pelayanan Langsung Akte Lahir, Kartu Keluarga Dan Kartu Identitas Anak) yang merupakan pelayanan secara langsung kepada publik yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan menyerahkan Akte Lahir, Kartu Keluarga Dan Kartu Identitas Anak yang baru lahir di fasilitas kesehatan baik itu di Rumah Sakit maupun di Puskesmas pemerintah.

Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias menyampaikan respon dan antusias masyarakat terhadap program ini sangat tinggi dan sangat bahagia pada saat uji coba pertengahan bulan Juni 2022 di Puskesmas Botombawo dan Puskesmas Hiliweto Gido. Oleh karena itu kami berketetapan melanjutkan kegiatan ini sehingga lauching dapat secara resmi Program Payung Alakkia dapat terlaksana pada hari ini. Saya berharap kepada seluruh masyarakat kabupaten Nias untuk melakukan persalinan di fasilitas kesehatan milik pemerintah agar dapat terdata dan langsung kita input pembuatan akte lahir, kartu keluarga serta kita keluarkan kartu identitas anak dengan catatan atau syarat utama adalah Nama bayi dan infomasi lengkap yang disampaikan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias.

Mengakhiri arahannya , Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias atas izin dan kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berecana Kabupaten Nias dengan dilaunchingnya Program Payung Alakkia hari ini, kami siap melayani untuk setiap hari jika ada kelahiran khususnya masyarakat Kabupaten Nias.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nias Rahmani Oktaviani Zandroto, SKM mewakili Pemerintah Kabupaten Nias dalam arahannya sangat berterimakasih dan mengapreasiasi program pelayanan langsung kepada masyarakat (Payung Alakkia) yg dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias. Program ini sangat baik, terbukti dengan respon yang sangat baik dan antusias masyarakat menerima program ini dalam uji coba yang telah dilakukan bulan juni 2022 yang lalu. Pastinya kegiatan ini akan terus didukung dan berharap kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias selalu Standby setiap hari dalam melayani serta menjalankan program Pelayanan Kepada masyarakat langsung, tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nias berpesan bahwa kedepan kita akan terus mensosialisasikan program Payung Alakkia ini sehingga masyarakat yang berada dipelosok-pelosok atau berada di daerah terjauh merasakan dan terbantu dengan adanya program ini tanpa harus pergi ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias dalam hal mengurus pembuatan Akte lahir, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak baru lahir. Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nias mewakili Pemerintah Kabupaten Nias melakukan Launching Payung Alakkia di Kabupaten Nias pada hari ini.

Direktur RSUD dr. M. Thomsen Nias, dr. Noferlina Zebua berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada RSUD dr. M. Thomsen Nias dalam pelaksanaan Launching Program Payung Alakkia dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias. Kami sangat mengapresiasi inovasi program Payung Alakkia. Program ini sangat luar biasa dan tentunya kami siap mendukung dan bekerjasama dalam mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya pasien-pasien yang berkunjung di rumah sakit.

Mengakhiri Kegiatan launching Program Payung Alakkia (Pelayanan Langsung Akte Lahir, kartu keluarga Dan Kartu Identitas Anak), Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nias Rahmani Oktaviani Zandroto, SKM, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tehesokhi Hulu, SIP. Direktur RSUD dr. M. Thomsen Nias dr. Noferlina Zebua melakukan foto bersama dengan Orang Tua penerima Akte Lahir , Kartu Keluarga dan Kartu Indetitas Anak. (TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *