Pemdes Berundung Telah Merealisasikan APBDes Tahun 2021 Dengan Baik Di Vandemi Covid -19

LAMPUNG SELATAN , JEJAKKASUS. INFO Ketapang – Realisasi anggaran pendapatan belanja Desa ( APBDes) tahun 2021, Desa Berundung kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan ( Lamsel ) berjalan lancar dari bidang pembangunan, pemberdayaan dan Penanganan Covid 19, Pelatihan Kader serta pembagian BLT- DD. Rabu ( 29/12/2021 )

Desa Berundung terbagi 3 Dusun, jumlah KK 730, jiwa 2600, mayoritas penduduk mempunyai penghasilan dari Bertambak udang.

Ketika di wawancara i, di Ruang Kerja nya, Sunarso selaku kepala desa menyampaikan realisasi DD Tahun Anggaran 2021 yakni untuk penanggulangan/pencegahan wabah covid19 sebesar 8 persen dari jumlah dana desa.

” sesuai peraturan menteri dalam negeri dan peraturan menenteri keuangan , pemerintah desa Harus menganggarkan biaya untuk penanggulangan sebesar 8 persen.
Ada pun wujudnya, seperti pembelian Sabun, pembuatan posko-posko satgas, pengadaan masker, penyemprotan Disinfektan di tempat umum Secara berkala, seperti masjid, sekolah, dan Balai desa,” Ujar Sunarso

Sunarso menuturkan lagi , pemerintah dan lembaga Desa Berundung bersama pemerintah kecamatan Ketapang, bidan desa, perawat desa, tokoh masyarakat serta satgas covid19 Desa Berundung bersinergi memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya tersebut.

“semuanya bersinergi membuat posko-posko, kemudian mengadakan sosialisasi ke masyarakat tentang penanggulangan pencegahan covid19. ,”Ujarnya

Sunarso memaparkan lebih lanjut, semenjak ada wabah covid19, banyak anggaran untuk pembangunan dan pemberdayaan yang di recofusing.

Namun ada Selain untuk penanggulangan Covid19, Pemerintah Desa Berundung juga masih bisa realisasikan DD tahun 2021 untuk bidang Pembangunan seperti Untuk pembangunan fisik.

Untuk pembangunan fisik di Desa Berundung ada tiga titik, pertama Dusun 01 kita bangun talud Drainase, selanjutnya Dusun 02 pembangunan Drainase dan gorong gorong, dan Dusun 03 Talud dan Dreinase.

Lebih lanjut Sunarso memaparkan, Realisasi DD untuk Bantuan langsung Tunai ( BLT DD ) bagi warga tedampak pandemu covid19, Sebanyak 133 KPM, Di salurkan sampi bulan Desember.
” banyak Dana Desa keserap di BLT DD, jadi pembangunan juga banyak tertunda,” Ujar nya

Selain itu Sunarso mengatakan untuk Bidang pemberdayaan, Semua kegiatan PKK desa, karang taruna, pelatihan tertunda, karena tidak beloh berkerumun.

” Kalo insentif aparatur desa, pembayaran Insentif Satgas Covid, Kader posyandu, guru ngaji dan guru paud, Sudah kami salurkan semua,” Ungkap Sunarso

Sunarso berharap kepada pemerintah Pusat, Provinsi, mau pun kabupaten Lampung Selatan, untuk bangunan fisik di bantu oleh pemerintah daerah atau pusat, mengunakan Anggaran APBD atau APBN, karena DD sudah banyak terserap untuk penanggulangan Covid-19.

Sementara di Desa Berundung masih banyak PR pembangunan seperti jalan lingkungan sepanjang 5 km yang sudah Rusak, selain itu di desa Brundung mayoritas penduduk nya bertambak.

” jadi banyak terdapat paret paret, ada paret yang sering di lintasi oleh kapal – kapal nelayan, sehingga paret terkikis oleh ombak ketika kapal nelayan melintas, jadi kami berharap karena tanggul terbuat dari tanah agar tanggul di buatkan talud kanan kiri suapaya tidak terkikis air,” Harap Sunarso. (Joe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *