Pemdes Desa Margasari Telah Merealisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes)Tahun 2020 Dengan Baik

oleh -12 views

Lampung Selatan, Jejakakasus Info,

SRAGI, Pemerintah desa ( Pemdes ) Desa Margasari telah realisasikan Anggaran pendapatan belanja Desa ( APBDes ) tahun 2020, di pergunakan untuk pembangunan Fisik, pemberdayaan dan Penangulangan covid 19. Kamis (21/01/2020)

Ketika di temui di kantor Desa Suhadi .SE selaku Pejabat Kepala desa menuturkan APBDes tahun 2020 di Realisasikan untuk Pembangunan Fisik, yang Pertama Pembangunan Talud di dusun 003, kedua pembangunan rabat beton di dusun 001, Dusun 002 Dan Dusun 003 .
Pembangunan Drenase Dusun 001 dan Dusun 002.
4 unit Pembangunan gorong-gorong.

” Untuk kegiatan pembangunan kami masih bisa laksanakan meskipun di pandemi covid- 19 melanda, seperti membangun Drenase, rabat beton, Talud , 4 unit gorong – gorong,” Ujar Suhadi

Masih kata Suhadi Dia menyampaikan untuk Pemberdayaan pelatihan siskudes di ikuti oleh 2 peserta yaitu Sekdes dan Kaur Keuangan.
Untuk Realisasi honor guru ngaji , Orpasionl dan kegiatan karang taruna, kegiatan TP PKK, kegiatan posyandu, kegiatan rumah Desa sehat ( RDS ) untuk pencegahan stanting.
Selanjutnya operasional BPD, operasional LPM, RT dan Linmas.

” Selain fisik kami juga merealisasikan operasional dan honor untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat,” Ucap Suhadi

 

Masih di tempat yang sama Sekertaris Desa ( Sekdes ) Margasari M. Osep Ramadan menurutkan untuk Penangulangan covid 19 di tahun 2020, mereka membentuk satgas covid-19, pembuatan posko, pembuatan bilik penyemprotan di tiap jalan keluar masuk desa, 2 kali pembagian masker setiap jiwa , pengadaan Disinfektan, APD, alat pendeteksi suhu, pembelian tenk semprot, alat cuci tangan di tempat umum seperti masjid dan Balai Desa.

Pembayaran insentif satgas covid-19 sebayak 40 orang, satgas di beri insentif Rp 200.000/ orang

Masih kata Osep untuk Pembagian Bantuan langsung tunai ( BLT ) Dana Desa sebanyak 40 KPM, di bulan April, Mei dan Juni 2020 masing-masing mendapat Rp 600.000/ bulan

Sedangkan Untuk pembagian BLT di bulan Juli, Agustus, September, Oktober, September dan Desember 2020. Jumlah KPM yang menerima berkurang menjadi 33 KPM masing masing mendapatkan Rp 300.000/ bulan, karena 7 KPM sudah mendapatkan bantuan pemerintah pusat program Bantuan pangan Non tunai ( BPNT ).

” Untuk pembagian BLT di tahun 2020 kami gulirkan di bulan April sampai bulan Juli sebanyak 40 KPM, sedangkan bulan Juli sampai Desember berkurang 7 KPM, kerana ketujuh orang tersebut sudah mendapat Bantuan Bpnt,” Ujar Usep

Osep berharap kepada seluruh masyarakat Desa Margasari khususnya, untuk tetap menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan covid 19 sering mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menghindari kerumunan .

” Saya berharap kepada masyarakat saya untuk terus menerapkan prokes, menjaga imun tubuh supaya kuat melawan virus covid-19, mudah-mudahan masyarakat kami terhindar dari virus Corona,” Harap nya

Dia juga menghimbau kepada masyarakat agar memakai masker jika bepergian ke luar desa, karena pemdes sudah membagikan masker sebanyak dua kali Kepada masyarakat margasari, masing-masing orang mendapatkan bagian masker tersebut.

” Saya himbau juga kepala masyarakat untuk tetap menjalankan prokes, memakai masker, okelah kalau di dalam desa namun jika keluar tolong lah gunakan masker, kalau bukan kita yang menjaga kesehatan siapa lagi,” Tutup nya.

Penulis joe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *