Pemdes Sidoasri Telah Merealisasikan APBDes Tahun 2020 di Masa Vandemi Covi -19 Dengan Baik.

oleh -36 Dilihat

Lampung Selatan,Jejakkasus.Info

CANDIPURO, Pemerintah Desa ( Pemdes ) Sidoasri kecamatan Candipuro kabupaten Lampung Selatan ( Lamsel ) Provinsi Lampung.
telah merealisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Desa ( APBDes ) Tahun 2020, Di masa pandemi, untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan Rabat beton dan pembangunan gedung posyandu, pemberdayaan dan Penangulangan covid 19 serta pembagian Bantuan langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) Selasa (02/02/2020)

Ketika di temui Di ruangan kerjanya Samsul Hadi Suhartono, Spd selaku Kepala Desa Sidoasri menerangkan Untuk Realisasi Dana Desa ( DD ) APBDes tahun 2020 di gunakan untuk Pembangunan infrastruktur seperti jalan Rabat beton dan Pembangunan gedung posyandu, Pemberdayaan masyarakat dan Pencegahan Covid 19.

Bidang pembangunan infrastruktur yaitu
Pertama pembangunan jalan Rabat beton terletak di Dusun 002, RT 008 yang panjang nya Kurang lebih 500 Meter
Kedua Pembangunan gedung posyandu ada 1 unit, di Dusun 002 RT 007.

” Untuk kegiatan pembangunan Infrastruktur Alhamdulilah kami bisa membangun jalan Rabat beton dan Pembangunan gedung posyandu 1 unit, keduanya berada di dusun 002, karena Berdekatan dengan puskesmas pembantu” ujar Samsul

Lebih lanjut Samsul memaparkan untuk kegiatan Penangulangan covid 19 di tahun 2020, Pemdes Sidoasri pembentukan satgas covid-19 sebanyak 22 Anggota.

Dengan kegiatan membuatan posko seterilisasi, pembuatan bilik penyemprotan , pembagian 600 buah masker, penyemprotan Disinfektan di seluruh rumah warga, di lakukan secara berkala.

Selanjutnya pembelian Handzenitezer, alat pelindung diri (APD), alat pendeteksi suhu, pembelian Hansplyer ( tenk semprot ), pembuatan alat cuci tangan di tempat umum seperti balai desa dan sekolah, pembelian Blower dingin.

satgas , di berikan penghargaan sebesar Rp 200.000/ orang
Semusim, karena selama mereka menjalankan tugas hanya Rp 200 ribu

” Setelah saya bentuk satgas covid 19 mereka mengadakan kegiatan, Setiap siang dan malam mereka bergantian untuk berjaga di posko kalau ada masyarakat yang keluar masuk desa , hingga sampai di nyatakan New Normal oleh ketua satgas kabupaten, dan seluruh anggota di beri penghargaan sebesar Rp 200 ribu bahasanya pengahgaan uang lelah” ujarnya

Masih Kata Samsul di kegiatan Pembinaan karang taruna ( pemuda red ) untuk kegiatan turnamen Bulutangkis, perlombaan voly ball Putra/putri dan perlombaan Futsal piala bergilir.

“Untuk kegiatan kepemudaan waktu itu mengadakan kegiatan turnamen piala bergilir, ada empat kegiatan” Ujar Samsul

Selain itu untuk Perguliran operasional TP PKK, Kader posyandu, Lansia, Linmas, LPM, TPK, Guru ngaji.

” Kalau insentif kelembagaan yang ada di Desa semuanya kami salurkan insentif nya, karena itu wajib,” Kata Samsul lagi

Selanjutnya Samsul memaparkan lagi Untuk Pembagian BLT Dana Desa , Desa Sidoasri sebanyak 100 KPM, dari April sampai dengan Oktober 2020.
Terurai dari bulan April sampai bulan Juni setiap KPM mendapatkan Rp 600.000/ bulan

Sedangkan di bulan Juli sampai dengan Oktober 100 KPM masing-masing mendapatkan Rp 300.000/ bulan.

” Kalau untuk BLT DD kami salurkan dari bulan April sampai dengan Oktober sebanyak 100 KPM, untuk selanjutnya dana kami tidak mencukupi,” Tutur Samsul.

Samsul menghimbau kepada masyarakat di Vandemi Covid 19 ini untuk patuhi protokol kesehatan dan itu harus di jalani dan betul betul diterapkan, akan tetapi di desa ini sangat sulit untuk menerapkan protokol kesehatan apa lagi di suruh pakai masker untuk tingkat lansia sangatlah sulit, tetapi kami sebagai pemerintah desa, tidak bosan bosanya menyampaikan himbauaan itu di pertemuan pengajian,muda mudahan warga kami akan taat protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah kabupaten Lampung Selatan di Vandemi Covid 19 ini karna tidak tampak akan tetapi sangat amat berbahaya.

Harapan kami sebagai pemerintah desa untuk hati hati dengan adanya virus -19 ini entah kapan berakhirnya nanti hindari tempat kerumunan dan semoga di desa kami terhindar dari virus itu.Tutup nya.

Penulis Joe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.