Pemdes Sukabakti Telah Menjalankan APBDes Tahun 2020 Dengan Baik Di Vandemi Covid 19

oleh -10 views

Lampung Selatan, Jejakkasus. info

PALAS, Realisasi anggaran pendapatan belanja Desa tahun 2020 desa Sukabakti kecamatan Palas kabupaten Lampung Selatan provinsi Lampung, pemerintah Desa telah merampungkan seluruh kegiatan .subbidang pembangunan infrastruktur, pemberdayaan dan penanganan covid 19 serta pembagian BLT DD tahun 2020, Kamis ( 28/01/2020)

Ketika di temui di ruangan kerjanya Susilo selaku kepala desa desa Sukabakti menyampaikan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur, pemdes sukabakti telah menyelesaikan kegiatan pertama seperti pembangunan infrastruktur.
Pertama membangun Drenase di dusun 001 Sukabakti.
Kedua pembangunan Drenase di dusun 003 Bakti Mulyo
Ketiga pembangunan Rabat beton di dusun 002 Bakti Rejo.
Ke empat pembangunan gorong gorong di dusun 001 Sukabakti
Kelima pembangunan rabat beton di dusun 006 rantau makmur 650 M
Ke enam pembangunan Rabat beton di dusun 004 lebung baru 100 m
Ke tujuh pembangunan rabat beton di dusun 004 lebung baru panjang 45 m
Ke delapan pembangunan rabat beton di dusun 001 Sukabakti panjang 115 m.

“Alhamdulillah dengan ada pembangunan jalan rabat beton di Desa kami bisa menjadikan akses perekonomian semakin Lancar, Tingkat produk di desa bisa terjual dan meningkat,” ungkap Susilo

Untuk bidang pemberdayaan Hanya Pelatihan Siskudes di ikuti oleh sekdes dan kaur keuangan.

Bidang pemberdayaan operasional kemasyarakatan yaitu operasional BPD, Guru ngaji, LPM, PKK, posyandu Lansia, posyandu balita, karang taruna.

Masih di ruangan yang sama Widi Zulcharnain selaku sekertaris Desa menambahkan.
Selain pembangunan dan pemberdayaan pemdes sukabakti melaksanakan kegiatan pencegahan covid 19 sesuai dengan surat edaran kementrian dan Surat edaran Bupati.

Langkah pertama membentuk satgas sebanyak 46 orang meliputi aparatur desa, BPD, RT, Babinsa, Babinkantibmas, dan tokoh-tokoh masyarakat.
Satgas bertugas membuat posko kesehatan, penyemprotan disinfektan di rumah dan tempat umum seperti masjid, gereja. pembagian masker, membeli alat pelindung diri (APD).

” Kami dalam pembentukan satgas covid-19 melibatkan, perangkat desa dan tokoh masyarakat, satgas ini bertugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan berjaga di posko, di sana kami salurkan dana untuk satgas 200 ribu perorang sekali,” Ujar Widi

Lebih lanjut Widi Zulcharnain mengatakan untuk kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai Dana desa ( BLT DD ) sebayak 50 KPM dari bulan April sampai bulan Desember 2020.
sebanyak 50 KPM, di bulan April sampai bulan Juni 2020 masing-masing mendapat Rp 600.000/ bulan.

Sedangkan Untuk pembagian BLT di bulan Juli sampai dengan Desember 50 KPM masing masing mendapatkan Rp 300.000/ bulan.

” Untuk pembagian BLT di tahun 2020 kami gulirkan di bulan April sampai bulan Desember sebanyak 50 KPM,” Ucap Widi sapaan akrabnya

Di akhir wawancara Widi menghimbau
kami dari pemerintah Desa sukabakti supaya masyarakat Menjalankan 3M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak.
Tidak kalah pentingnya juga karna di musim sekarang ini penghujan atau panca roba harus bersih bersih lingkungan supaya terhindar dari DBD.

“karna covid 19 dan DBD sama sama berbahaya covid menyerang pernapasan sedangkan DBD Menyerang seluruh tubuh.
Harapan Untuk masyarakat desa suka Bakti untuk di bidang kesehatan bisa selamat dari Angka sakit ,sukur sukur Tidak ada masalah yang lain,” Tutup nya.

Penulis Joe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *