Pemdes Sukamulya kecamatan Palas Realisasikan APBDes Tahun 2020 Dengan Baik

oleh -12 views

Lampung Selatan,Jejakkasus.Info

PALAS, Realisasi anggaran pendapatan belanja Desa ( APBDes ) tahun 2020 Desa Sukamulya kecamatan Palas kabupaten Lampung Selatan provinsi Lampung, pemerintah Desa ( pemdes ) telah merampungkan seluruh kegiatan .subbidang pembangunan infrastruktur, bidang pemberdayaan dan penanganan covid 19 serta pembagian BLT DD tahun 2020, Kamis ( 28/01/2020)

Ketika di temui di ruangan kerjanya Pujiadi selaku kepala Desa Sukamulya menyampaikan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur, Desa Sukamulya telah menyelesaikan kegiatan pembangunan Taman raga Di Dusun 006 RT 002, Taman raga tersebut meliputi 1 kolam renang, 1 unit kamar mandi dan bilas, jalan Rabat beton menuju ke kolam, Pagar dan Pos jaga karcis.

” Pembangunan tahun 2020 cuma Buat Taman raga lengkap dengan Pasilitas nya,” ungkap Pujiadi

Bidang pemberdayaan operasional kemasyarakatan yaitu operasional BPD, Guru ngaji, LPM, PKK, posyandu Lansia, posyandu balita, karang taruna, Linmas.

Masih kata Pujiadi Selain pembangunan dan pemberdayaan pemdes Sukamulya melaksanakan kegiatan pencegahan covid 19 sesuai dengan surat edaran kementrian dan Surat edaran Bupati.

Langkah pertama membentuk satgas sebanyak 19 orang meliputi aparatur desa, BPD, RT, Babinsa, Babinkantibmas.

Satgas bertugas membuat posko kesehatan, penyemprotan disinfektan di tempat umum seperti masjid, sekolah dan Balai desa. pembagian masker, membeli alat pelindung diri (APD), Handzenitezer, dan Alat pengukur suhu membuat banner – banner himbauan.

” Kami dalam pembentukan satgas covid-19 melibatkan, perangkat desa dan Babinsa, Babinkantibmas, satgas ini bertugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan berjaga di posko, di sana kami salurkan dana untuk satgas Rp 200.000 perorang sekali,” Ucap Pujiadi yang juga menjabat sebagai ketua Abdesi kecamatan Palas

Lebih lanjut Pujiadi mengatakan untuk kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai Dana Desa ( BLT DD ) sebayak 25 penerima manfaat (KPM) dari bulan April sampai bulan Desember 2020.

Bulan April sampai bulan Juni mendapat Rp 600.000/ bulan.
Sedangkan di bulan Juli sampai dengan Desember mendapatkan Rp 300.000/ bulan.

” Untuk pembagian BLT di tahun 2020 kami gulirkan di bulan April sampai bulan Desember sebanyak 25 KPM,” Ucap puji

Puji menghimbau kepada masyarakat Desa Sukamulya khususnya, masyarakat kecamatan Palas umumnya
Dia selaku pemerintah Desa Sukamulya Dan ketua Abdesi menghimbau kepada masyarakat supaya Menjalankan 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Saya sudah memanggil dan merapatkan semua aparat desa saya termasuk kadus untuk mensosialisasikan wilayah masing masing untuk Menyampaikan kembali bahwa virus covid -19 belum berakhir, justru wajahnya tidak kelihatan, Mengimbau melalui speaker Masjid pertemuan pertemuan kelompok tani,” Ujarnya

Terkait hajatan ( pesta red ) kalau belum ada surat himbauan dari gugus tugas covid -19 dari kabupaten untuk tidak melarang hajatan, maka masyarakat masih di perbolehkan. namun tuan rumah harus menyiapkan alat alat Prokes seperti Tempat cuci tangan ,masker,di atur supaya tidak berkerumun,” Pungkas Nya.

Penulis joe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *