Pemerintah Desa Pulau Jaya Kcm. Palas Realisasikan Anggaran DD Tahun 2020 Di Musim Pandemi Covid 19

oleh -37 views

Jejakkasus Info|Lampung Selatan PALAS, Pemerintah Desa ( pemdes ) Desa Pulau jaya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan ( Lamsel ) telah menerapkan Anggaran Dana Desa (DD ) Tahun 2020 di Musim Pandemi Covid 19, berjalan dengan lancar Sabtu(09/01/2021)

Ketika di konfirmasi Kepala Desa ( kades ) Roliyah memaparkan penerapan DD Tahun 2020 Desa Pulau jaya Pembangunan seperti membangun Talud di Dusun 01, RT 01, membangun talud lagi di Dusun 02 ,RT 02, pemerataan lapangan bola kaki peserta talud di Dusun 02, membangun latasir RT 01 dan 02 sepanjang 530 meter dan di dusun 03 pembangunan talud lagi .
Selain itu membangun rabat beton ada tiga titik, terletak di Dusun 02. Kalau pembangunan rusun kosong 4 sudah selesai di tahun 2019 lalu.

Kalau untuk kegiatan non fisik di masa pandemi covid 19 Desa Pulau jaya juga membeli baju seragam Dan HT Linmas dan
Juga melaksanakan kegiatan pelatihan menjahit selama 1 bulan sebanyak 16 orang , Desa menyiapkan alat- alat seperti mesin.

Hingga peserta mengikuti magang di tempat-tempat UMKM di tetangga seperti Desa bumi Restu bumi asih dan ada juga di desa pulau jaya sendiri.

“Peserta yang ikut pelatihan kaum ibu-ibu rumah tangga, tahap pertama masih di Fokuskan belajar membuat baju.
Mudah-mudahan ke depannya akan kita lanjutkan pelatihannya untuk membuat celana.
Sehingga mereka dapat menjalankan UMKM mandiri atau bagi UMKM Yang di luar desa membutuhkan tenaga mereka siap untuk dipekerjakan,” ,” Papar Roliyah

Supiyanto selaku sekertaris Desa ( sekdes )
Menambahkan untuk penanganan covid 19 desa pulau jaya melalui hasil musyawarah khusus dari 502 Kepala keluarga ( KK ) mendapat bantuan langsung tunai ( BLT ) dari kementerian sosial ( Kemensos ) sebanyak 130 KK, yang mendapat PKH dan BPNT 250 kk, dari pemerintah daerah 10 KK dan dari anggaran dana desa sebanyak 35 KK.

” Alhamdulillah dengan banyak sumber bantuan masyarakat pulau jaya hampir semua kebagian BLT yang terdampak Covid 19, BLT DD kami salurkan mulai bulan April sampai dengan bulan Desember 2020,” Ujar Biyan

Selain itu Desa pulau jaya untuk penanganan covid 19, pemdes membentuk satgas dan posko, pembagian masker penyemprotan desinfektan sebanyak 3 kali ditambah dibantu oleh pemuda NU dan pemuda Katolik.

Supiyanto berharap kepada masyarakat setempat tetap mematuhi himbauan pemerintah Pusat, Daerah maupun pemerintah Desa untuk menjalankan 3M yaitu mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak.
kemudian bila ada keluarganya yang baru pulang dari wilayah zona merah maka kami tekankan untuk melakukan isolasi mandiri.

” Saya minta kepada masyarakat agar mematuhi perintah pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan Covid 19, seperti akalu ada anggota keluarga yang baru pulang dari wilayah zona merah, tolonglah lakukan isolasi mandiri dulu, agar kita semua terhindar dari virus Corona,” pungkasnya (joe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *