Pemerintah Kabupaten Nias Utara Bagikan Paket Konversi BBM ke BBG bagi Nelayan 439 unit

Jejakkasus.info l Nias -, Nias Utara, Bantuan  paket konversi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) yang dibagikan kepada 439 orang nelayan di Kabupaten Nias Utara merupakan program kemitraan yang berasal dari Kementerian ESDM Republik Indonesia Tahun Anggaran 2022.

Diruang kerjanya Senin 09 Januari 2023, Kadis Perikanan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si didampingi Staf tim teknis Saudara  Ahd. Syabrin Telaumbanua  ,menyampaikan kepada Tim media  Bahwa paket konversi yang dibagikan kepada  Nelayan  yang ada di Nias Utara sebanyak 439 adalah adalah Bantuan dari Kementrian ESDM RI  yang disalurkan oleh PT. Yuan Sejati kepada Nelayan penerima manfaat.

Ya, sebenarnya Bantuan mesin Konversi  ini hanya Kabupaten Nias Barat yang dapat, Namun Pemkab Nias Utara melalui Dinas perikanan  berusaha memperjuangkan  agar  Kementrian ESDM dapat memperhatikan nasib nelayan di kabupaten Nias Utara yang jumlahnya sebanyak kurang lebih  3.000  jiwa. Sebagai perhatian pemerintah dalam rangka untuk mempermudah akses dalam melakukan operasional penangkapan ikan yang selama ini bergantung pada BBM dan dirasakan nelayan dinilai sulit mendapatkannya dengan stok yang terbatas.

Melalui Kadis Perikanan dan Kab. Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si menjelaskan bahwa berdasarkan juknis, penerima bantuan paket konversi BBM ke BBG adalah nelayan yang identitasnya pada KTP sama dengan Kartu KUSUKA, memiliki mesin yang terpasang pada kapal  dengan bahan bakar bensin, menggunakan alat tangkap ramah lingkungan dan belum pernah mendapatkan bantuan sejenis.

Pendataan ini jauh sebelumnya Petugas dari Dinas perikanan telah melakukan pendataan kepada para nelayan di Nias Utara hingga  meneruskan  kepada Kementrian ESDM .

Bulan Desember 2022 Baru di realisasikan pendistribusian Bantuan Mesin kepada  Nelayan penerima manfaat sebanyak 439 Keluarga ucap Kadis

Masyarakat / Keluarga Nelayan di Nias Utara yang belum mendapatkan Bantuan mesin Konversi BBM ke BBG  berharap kepada pemerintah Pusat melalui Kementrian ESDM program ini dapat berkesinambungan di tahun 2023.

Sabarjaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si menjelaskan kepada Tim media Senin 09 Januari 2022 bahwa jumlah Keluarga Nelayan di Kabupaten Nias utas hingga saat ini kurang  lebih 3000 Keluarga.

Dan yang menerima bantuan mesin Konkit periode tahun 2022 ini hanyalah 439 keluarga ( hanya sebagian dari data nelayan yang diajukan oleh Pemkab Nias utara ) kepada kementrian ESDM.

Menanggapi hal tersebut , Ketua DPD  LSM Topan RI Kepulauan Nias Arius Nazara Berharap kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian ESDM , dan Komisi VII DPR – RI melalui pemerintah Kabupaten Nias Utara, Dinas perikanan  Kabupaten Nias Utara, untuk memperjuangkan  Bantuan mesin tersebut kepada  Nelayan yang belum mendapatkan.

Dan berharap ,bagi Nelayan yang sudah menerima Bantuan mesin agar dapat mempergunakannya  sebagaimana mestinya sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat ,khususnya keluarga penerima manfaat  Bantuan mesin tersebut.

(TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *