Pemkab Bondowoso Gelar Rapat Koordinasi Tentang Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek)

oleh -89 Dilihat

Berita – Jejakkasus.info -, Bondowoso – Pemerintah Kabupaten Bondowoso gelar rapat koordinasi tentang Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin, bertempat di aula hotel Ijen View Bondowoso, Rabu (21/09/22).

Pemerintah Kabupaten Bondowoso bersinergi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bondowoso akan melaksanakan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) untuk mewujudkan satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang berhubungan dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Dalam sambutannya Bupati Bondowoso KH.Salwa Arifin mengatakan, Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 tersebut dilaksanakan adalah untuk menentukan target Program kedepan di Kabupaten Bondowoso. “Pendataan ini secara komprehensif untuk penduduk Bondowoso yang melingkupi demografi, perumahan, kondisi disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial, jadi Pelaksanaan Regsosek ini merupakan titik utama dari perjalanan panjang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat hususnya di Kabupaten Bondowoswo ini, “tuturnya.

Bupati juga menyampaikan, hal ini sangat perlu dilaksanakan karena masih terbatasnya data sosial ekonomi yang mencakup semua penduduk, untuk penentuan target pembangunan yang belum terlaksana dan sebagai kontrol standar kualitas dan ketepatan waktu dalam pemutakhiran data terhadap pelaksanaan Program. “Terutama Program Kesejahteraan bagi Masyarakat Bondowoso yang berhubungan dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan, “jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Pusat Statistik Bondowoso M. Ismail SSi.MEc.Dev. saat dikonfirmasi beberapa media menjelaskan, Tujuan dalam Pendataan Awal Regsosek agar di Kabupaten Bondowoso ini bisa punya database yang merupakan satu data terkait dengan populasi kependudukan. “Dengan harapan ketika data itu diperlukan untuk bantuan program Pemerintah, seperti bantuan subsidi kenaikan BBM atau mungkin untuk kepentingan Program Pendidikan, Kesehatan dan hal- hal lain yang dibutuhkan untuk Masyarakat khususnya di Kabupaten Bondowoso, maka kita mudah untuk mencari data, “terangnya.

Ia menambahkan, karena sifatnya jangka panjang, dengan harapan bisa menjadi satu Data dan untuk dijadikan referensi untuk dipergunakan acuan baik oleh pemerintah pusat pemerintah daerah. “Yang tentunya nanti akan dikelola lagi agar selalu menjadi data yang terupdate dengan menjadi data yang akurat, terpadu dan terintegrasi, “pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin, Kodim 0822, Polres, 34 OPD Kabupaten Bondowoso, Camat, Lurah, dan Kepala Desa se – Kabupaten Bondowoso. (Yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.