Pemkab Nias Barat Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Bersatu Bangun Bangsa

Jejakkasus.info l Nias Barat,  Pemerintah Kabupaten Nias Barat peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94 dengan Thema Bersatu Bangun Bangsa, turut dilibatkan seluruh OKP/ORMAS/LSM/PERS se Kabupaten Nias Barat.

Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tersebut dipimpin langsung oleh Asisten III, Faigizatulo Halawa, S.Pd., M.M, mewakili Bupati Nias Barat dengan ditandai pelaksanaan Upacara Bendera Merah Putih dihalaman kantor Bupati, Onolimbu, Jum’at (28/10/2022).

Dalam momentum tersebut, Asisten III, Faigizatulo Halawa, S.Pd., M.M selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga R.I disampaikan bahwa, peringatan hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan sebagai teladan.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan Pemuda diwaktu itu, telah menjadi tongkat kuat menuju kemerdekaan. Peran Pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang di ikuti dengan rangkaian pergerakannya, telah menghantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesian. Peran Pemuda telah tercatat sebagai Tintah Emas sepanjang masa”.

Thema peringatan hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.  Thema ini memberi pesan mendalam bahwa, persatuan adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun keteguhan dengan ketangguhan, dan persatuan yang menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai ekstensi bangsa Indonesia.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Nias Barat, Ketua, Yeremia Doddy S.Daely, S.E., M.M, Sekretaris, Firman J.Gulo, S.H, Bendahara, Mulyadi P.Gulo, S.H  bersama Disparbudpora Kabupaten Nias Barat sebagai fasilitator acara, dan Komandan Upacara dipimpin oleh OKP-PP Kabupaten Nias Barat, serta didukung oleh satuan Polres/Polsek se Kabupaten Nias Barat, jajaran Satuan Kodim 0213/Nias.

OKP dari Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Nias Barat, Natanaeli Gulo yang ikut dalam acara memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 tersebut, menyampaikan kepada awak media bahwa, Pemuda Indonesia sebagai bagian dari bangsa Indonesia tetap manunggal dalam sejarah pergerakan, perjuangan dan kelangsungan hidup bangsanya.

“Pemuda Indonesia sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat, bertanggung jawab untuk ikut berperan serta secara bersungguh sungguh memperjuangkan pembaharuan pembangunan, keadilan dan kebenaran melalui karya dan kekaryaan secara nyata disegala sendi kehidupan rakyat Indonesia, tutur calon tunggal Ketua AMPI Kabupaten Nias Barat ini yang sesaat lagi melaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA)”.

Sumpah Pemuda secara kesejarahan tidak akan dilupakan. Namun waktu demi waktu, budaya dan keadaan yang begitu cepat berubah sesuai perkembangan zaman dan teknologi.

“Sejatinya Pemuda Nias Barat bangga setiap momen memperingati Hari Sumpah Pemuda, dimana peran serta pemuda tetap utuh menjaga kebersamaan dan kekeluargaan hidup bermasyarakat dan berbangsa”, ucap Natanaeli Gulo.

“Bagaimanakah kita memaknai Sumpah Pemuda diera milenial ini? Pemuda Milenial hari ini harus melahirkan Ide, Kreatif dan Inovasi. Pemuda Milenial harus menyingkirkan ke egoan, kecemburuan sosial dan pemicu buruk moralitas, yakni tidak salah penempatan kemajuan teknologi, tidak memudarnya kualitas keimanan, tidak mudah terpengaruh lingkungan. Mampu mempertahankan nilai-nilai kejujuran, memiliki rasa tanggungjawab, displin, berpikir jauh kemasa depan”, jelasnya.

Menutup pernyataannya, atas nama Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Kabupaten Nias Barat, mengucapkan dirgahayu Sumpah Pemuda ke-94 Tahun AMPI…, JAYA… JAYA… JAYA…

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tersebut, turut hadir Para Asisten, Kepala OPD, Disparbudpora Kabupaten Nias Barat, KSB dan Anggota KNPI Nias Barat, Gamki Nias Barat, Ketua dan Anggota AMPI Nias Barat, OKP/ORMAS/ LSM/PERS se Kabupaten Nias Barat.(TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *