Penipuan Via Online Masih Kerap Terjadi

oleh -69 views

Ponorogo l Jejakkasus.info – Di era digitalisasi seperti saat ini, penipuan via online masih kerap terjadi.

Wartawan Ponorogo Harian Mereka Post mendapatkan beberapa laporan dari berbagai Narasumber yang telah dirugikan secara materi, dan ujungnya mengerucut pada satu orang pelaku.

Berbagai bukti mulai dari isi chat WhatsApp, foto trasfer uang, dan lain-lain sudah jelas menemukan satu orang pelaku. Seseorang dengan akun Facebook “Vinsmoke” alias Vins Ucok alias Bagus, warga Perak Jombang Jawa Timur yang kini telah merantau ke Samarinda Kalimantan Timur adalah pelaku dalam kasus ini.

Modusnya adalah dia mengaku menjalankan bisnis Carding, perlu Carding adalah kejahatan dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit milik orang lain. Modusnya adalah nomor kartu kredit tersebut dicuri dari situs atau website yang tidak aman. Selanjutnya data kartu kredit itu disalahgunakan oleh carder (pelaku carding) untuk mendulang untung banyak. Pelaku dapat sesuka hati menguras kartu kredit korban, membelanjakan produk-produk apapun bahkan bisa melakukan tarik tunai meski tanpa fisik kartu kredit secara diam-diam.

Pelaku mengaku menjalankan Carding lalu berbisnis menjual barang mewah Seperti iPhone, PS 5, Laptop/Komentar Gaming dll. Seperti yang telah dialami korban dari Madiun Jawa Timur bernama Ike, korban percaya ke pelaku karna dia adalah teman lama korban dan bertransaksi dengan pelaku senilai 2 juta rupiah untuk membeli Handphone iPhone.

Selanjutnya ada Reza dari Surabaya yang juga melakukan transaksi pembelian iPhone ke pelaku senilai 3 juta rupiah, ada juga korban lain seperti akun Facebook yang bernama “Bill” yang mengaku pernah meminjami uang ke pelaku senilai 1.850.000 namun tak kunjung dikembalikan, ada pula Decky, Bagus, dan lainnya, juga telah tertipu oleh pelaku yang total kerugian mereka senilai 3 juta rupiah.

Berbagai cara telah dilakukan Wartawan Harian Mereka Post untuk terus mengulik informasi dari para korban dan terus berusaha menemukan pelaku, selanjutnya setelah bukti telah lengkap dan terkumpul akan dilakukan pelaporan ke pihak berwajib.

Semoga sinergi Polri bisa membantu pengungkapan kasus penipuan seperti ini. Dan harapannya juga tidak ada lagi yang menjadi korban kedepannya. (Limbad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.