Pentingnya Jiwa Wirausaha Bagi Mahasiswa

by -357 views

www.jejakkasus.info | Zaman sekarang mahasiswa-mahasiswa harus pandai memilah-memilah kegiatan yang dilakukan di lingkungan social ataupun kampus. Perkembangan dalam teknologi, social, dan ekonomi sangat penting bagi kehidupan manusia apalagi dikalangan mahasiswa sekarang. Namun pada saat sekarang ini pengangguran sangat tinggi, bahkan mahasiswa yang baru saja lulus kuliah sulit mendapatkan pekerjaan. Pada zaman sekarang menunjukan bahwa lulusan sarjana tidak hanya mengandalkan ijasah tapi harus memiliki kemampuan dalam berbagai hal. Kemampuan itu kita bisa dapat di masa kuliah bila kita dapat mengikuti organisasi perkuliahan, dari situ kita bisa dapat pengalaman yang baik dalam berorganisasi dan dapat menumbuhkan kemampuan di luar yang kita dapat dari perkulihan itu. Dari organisasi itu kita mungkin bisa dapat pengalaman kewirausahaan. Sekarang perusahan-perusahan yang semakin banyak dan semakin selektif dalam memilih karyawannya terutama yang mempunyai jiwa wirausaha.
Era globalisasi sekarang ini semua harus mampu mempunyai kemampuan dalam segala bidang terutama dalam kalagan mahasiswa, namun bisa dikatakan sangatlah minim. Karena mereka hanya berpikir setelah lulus mereka akan berkerja di perushaan ternama namun mereka juga lupa jika mereka mempunyai jiwa usaha yang hebat jika setelah kelulusannya mereka membuat usaha kecil-kecilan namun mereka akan menjadi bos dan mereka yang akan menentukan segalanya. Dari perkuliahan kia harus belajar dan memikirkan apa yang akan kita lakukan jika kita lulus nanti. Mau membuat apa atau usaha apa yang akan di lakoni. Banyak mahasiswa sekarang jarang memikirkan itu, mereka hanyak pasrah pada hasil akhir yang mereka dapatkan tanpa melihat potensi dan peluang wirausaha pada zaman yang teknologi informasinya sangat maju.
Perekonomian dunia yang sangat pesat dalam mengekspor-impor berbagai produk-produk, seharusnya para pemuda-pemudi bangsa memampaatkan peluang yang sangat besar yaitu dengan menunjukkan kemampuannya dalam berwirausaha, dengan membuat sesuatu yang baru dengan berbagai inovasi-inovasi. Karena pada di era digital saat ini lebih mudah mencari inovasi-inovasi terbaru, sekarang banyak inovasi di bidang makanan seperti contoh makanan tau janjanan yang pedas-pedas, berkeju, dan masi banyak lagi pasti inovasi dalam dunia makanan. Seharusnya itu dijadikan contoh jika membuat usaha. Contoh selanjutnya, usaha tekstil juga sekarang lagi berkembang sangat pesat banyak anak-anak muda sekarang membuka clothing brand yang menjual baju anak-anak muda. Pada zaman sekarang promosi lebih mudah karna ada media social seperti Instagram yang dapat dipake untuk wadah promosi bagi wirausaha muda. Tapi zaman sekarang hanya sedikit mahasiswa yang memikirkan kedepan dia mau jadi apa, mahasiswa pada awal-awalnya banyak yang lebih senang main game, dan hangout bareng temen-temennya, tanpa dia memikirkan apa yang harus mereka lakukan setelah lulus.
Jiwa wirausaha dapat dibangkitkan melalui pembelajaran ranah pendidikan. Semua itu dilakukan agar mereka bisa mengubah pola pikir mereka agar setelah lulus nanti mereka sudah merencanakan akan membuat usaha apa bukan mencari kerja apa. Karena itu, jika para mahasiswa, setelah keluar dari perguruan tinggi tidak memiliki jiwa wirausaha itu, mungkin karena pendidikan yang dikembangkan perguruan tinggi, tidak mengajarkan bagaimana cara membangkitkan jiwa wirausaha dalam diri mereka, sehingga mereka pasif dalam menghadapi masa depan mereka. Mereka harus diberikan bekal secara teoritis baru setelah itu melakukan survey ke beberapa perusahaan atau home industry agar mereka bisa melihat secara langsung dan menanyakan pengalaman-pengalaman pengusaha-pengusaha tersebut. Itu sangat berguna untuk lebih meningkatkan jiwa wirausaha.
Para pengusaha merupakan kunci untuk suksesnya bangsa Indonesia. Pada masa pembangunan dan era perdagangan global seperti ini, sangat dibutuhkan mental dan kemampuan wirausaha agar Indonesia mampu bersaing dengan dunia luar. Dengan begini yang baru berwira usaha harus pintar-pintar bersaing dan berinovasi, karena semakin bayak sekarang pengusaha-pengusaha muda yang memulai usahanya dan semakin banyak juga saingan. Kita harus pintar berinovasi jika kita tidak banyak berinovasi maka usaha kita cepat gulung tikar. Sekarang kita harus banyak memanfaatkan kemajuan teknologi yang sangat pesat ini untuk promosi dan penjualan. Saat ini, jika mau membuat usaha mudah tidak perlu ada modal yang besar ataupun lain, hanya bermodal media maya kita dapat mencari pelanggan berjualan melalui web kita juga tidak perlu membuka toko yang besar. Yang dibutuhi sekarang adalah pintar-pintar dalam menggunakan dan mempromosi yang kita jual dimedia social.
Banyak dampak positif bila mahasiswa setelah lulus membuka usaha sendiri: manambah daya tampung tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran. Sebagai generator pembangunan lingkungan dibidang produksi, distribusi, pemeliharaan lingkungan, kesejahtraan dan sebaliknya. Berwirausaha juga dapat memberi bantuan kepada orang lain dan pembangunan sosial sesuai dengan kemampuannya. Berwirausaha juga dapat mendidik karyawannya menjadi orang mandiri, disiplin, jujur, tekun dalam menghadapi pekerjaan. Memberi contoh kepada orang lain, bagaimana kita harus bekerja keras hidup secara efisien, tidak berfoya-foya dan tidak boros.
Saran:
Kita harus berani melangkah kedepam jangan takut dengan persaingan. Persaingan akan mendorong kita menjadi pengusaha yang lebih baik lagi dalam mengembangkan uasaha yang kita jalani. Seorang wirausaha harus mempunyai rencana yang matang, tujuan yang jelas. Action yang tidak setengah-setenga, tidak ada rasa malu, dan tidak ada rasa takut rugi dalam membuka usaha. Bila kuta tidak mencoba bagaimana kita tau kemampuan yang ada didalam diri kita sebenarnya, karena dari yang kecil kita bisa meningkatkan kualitas diri kita. Jangan pernah takut untuk mencoba, bila kita berhasil kita dapat membantu orang lain juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *