Penyediaan Air Baku, Pemkab Indramayu MoU dengan Kota Kuda

by -24 views

Jejakkasus.info l Indramayu-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Provinsi Jawa Barat melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkab Kuningan yang terkenal dengan Kota Kuda. Nota kesepakatan itu guna pemanfaatan sumber air baku untuk penyediaan kebutuhan air minum Kabupaten Indramayu. Penandatanganan perjanjian kerjasama itu, dilakukan di ruang dalam Pendopo Bupati Kuningan oleh Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat dan Bupati Kuningan Acep Purnama, Selasa (15/9/2020).

Taufik Hidayat mengatakan, penandatanganan MoU, sebagai ikhtiar Pemkab Indramayu untuk menyediakan sumber air baku untuk kebutuhan penyediaan air minum, bagi daerah-daerah yang belum terlayani Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Darma Ayu.”Kabupaten Kuningan akan memasok air 405 liter/detik yang akan dialirkan ke Kabupaten Indramayu. Karena selama ini kebutuhan air minum bagi warga Indramayu dipasok dari Sungai Cimanuk dan Salam Darma,” ujarnya.

Plt. Bupati Indramayu menyatakan, kewajiban Pemkab Kuningan akan menyediakan air baku dan membangun pipa sampai perbatasan Indramayu yakni, di Kedokanbunder.”Kewajiban Pemkab Indramayu, membangun jaringan pipa sampai dengan rumah-rumah warga,” katanya.

Direktur Teknik PDAM Tirta Darma Ayu Agus Suprihartono mengatakan, dengan adanya kesepakatan kerjasama air baku akan dapat menjangkau kebutuhan masyarakat.”Ada sekitar 36 sampai 40 ribu pelanggan yang tersebar di Kecamatan Kedokanbunder, Krangkeng, Karangampel, Juntinyuat, hingga Balongan,” tukasnya.

Agus mengungkapkan, penandatanganan MoU itu sebagai upaya kesepakatan bersama antara government to government (G to G), yang selanjutnya secara teknis diteruskan dengan perjanjian kerjasama antara PDAM Tirta Kamuning dan PDAM Tirta Darma Ayu.”Mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar dan kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang belum terlayani segera terwujud,” harapnya. (A. Goni)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *