Peringatan Hari Lahir Pancasila di Polres Bandara Ngurah Rai

Badung | jejakkasus.info – Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai memperingati Hari Lahir Pancasila dengan melaksanakan Upacara Bendera yang di Halaman Mapolres Bandara, sabtu (1/6/2024).

Peringatan Hari Lahir Pancasila mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih. Selaku Inspektur Upacara (Iruf) Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP I Ketut Wdiarta, S.H., S.I.K., M.Si., sebagai peserta upacara seluruh personil Polres Bandara diantaranya para Pejabat Utama (PJU), Bintara dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP I Ketut Wdiarta, S.H., S.I.K., M.Si. saat membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (Kepala BPIP RI) mengatakan hari ini adalah hari diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dimana ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kalinya memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,”ucapnya.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Iruf juga mengatakan, Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa Bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara.

Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.
“Mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,”pungkasnya. (hms24)

{Tm red am}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *