Peringatan HUT HIMPAUDI ke-17 Bunda Tini Lakhömizaro Zebua Sampaikan Apresiasi

Gunung Sitoli l Jejakkasus.info – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Usia Dini (HIMPAUDI) Kota Gunungsitoli melaksanakan perayaan HUT RI Ke-77 dan HUT HIMPAUDI Ke-17 di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli, Selasa (30/08/2022).

Dalam arahan dan bimbingannya, Bunda Paud Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro menyampaikan apresiasi untuk organisasi HIMPAUDI yang begitu aktif melaksanakan program, baik kegiatan sosial/keagamaan maupun kegiatan Hari Besar Nasional. Karena peranan HIMPAUDI dalam mensosialisasikan pentingnya Paud yang berkualitas sangat diharapkan, mengingat pendidikan anak usia dini merupakan hal yang sangat fundamental, dimana perkembangan dimasa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh stimulasi yang bermakna yang diberikan sejak usia dini.

“Pada kesempatan ini juga, besar harapan saya agar organisasi HIMPAUDI dapat menggerakkan setiap Satuan Pendidikan untuk menerapkan Paud Holistik Integratif, dimana pola pendidikan anak tidak hanya menekankan aspek pengetahuan semata, tetapi juga mencakup aspek layanan pendidikan, layanan kesehatan gizi dan perawatan, layanan pengasuhan, layanan perlindungan dan layanan kesejahteraan,” ucapnya.

Adapun lima dasar utama hak anak yang menjadi perhatian utama dalam proses pembelajaran Paud Holistik Integratif, yaitu hak terhindar dari penyakit, hak terpenuhi kecukupan gizi, hak asuh, hak bermain, serta hak mendapat perlindungan dari berbagai bentuk kekerasan, pengetahuan agama, moral, bahasa dan sosial emosional juga mendapat perhatian khusus. Semuanya diberikan berbasis keluarga sehingga si anak dapat bermain dengan nyaman.

“Kiranya organisasi HIMPAUDI senantiasa mendukung program Pemerintah untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dimulai dari pendidikan anak usia dini yang berkualitas, karena merekalah nantinya yang akan menjadi generasi penerus bangsa dan negara khususnya di Kota Gunungsitoli. Akhir kata saya ucapkan selamat hari ulang tahun Himpaudi ke 17 tahun 2022,”ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Veritas Gulo, S.A.P dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada seluruh anggota HIMPAUDI agar menjadi tenaga pendidik yang tangguh, tekun, teliti dan telaten dalam mengembangkan dunia pendidikan sehingga siap menyukseskan program pendidikan baik formal, non-formal maupun informal.

“Pada kesempatan ini pula, kami mengajak kepada para pemangku kepentingan pendidikan terutama HIMPAUDI, untuk memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didik, dalam membentuk dan menumbuhkan pola pikir, kreatifitas dan perilaku, yang berbasis pada budaya lokal yang perlu dilestarikan, seperti kasih sayang, toleransi, gotong-royong dan sebagainya, menuju Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas,”ujarnya.

Diakhir sambutannya, disampaikan bahwa Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli menyambut baik atas terselenggaranya acara perayaan tersebut. Semoga melalui acara yang digelar dapat semakin meningkatkan kekeluargaan dan silaturahmi antar para Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini di Kota Gunungsitoli. (TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *