Peringati Hari Lahir Pancasila Semut Tebar 1 Ton Ikan

Tabanan | jejakkasus.info – Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila ke 79 tanggal 1 Juni 2024, semut (Semeton Mulyadi Tabanan) menebar 1 Ton Ikan Nila yang disebarkan pada saluran irigasi di lima tempat di kabupaten Tabanan pada hari Sabtu tanggal 1 Juni 2024 pagi.

Tempat pertama yang dituju adalah bendungan Subak Bengkel berlokasi di sungai yeh Dati Desa Nyitdah – Pejaten kecamatan Kediri selanjutnya di kecamatan Tabanan, Kerambitan pada dua tempat, dan Selemadeg timur.

Menurut Jero Sengap selaku Ketua Umum Relawan Semut yang bernama asli I Nyoman Ardika ini menuturkan bahwa penebaran ikan dalam rangka memperingati hari kelahiran Pancasila ini dimaksudkan adalah bertujuan untuk menseleraskan hubungan manusia dengan alam semesta, dan lingkungan, agar ekosistem rantai kehidupan berjalan baik. Hal ini salah satu merupakan implementasi dari konsep ajaran Tri Hita Karana. Sedangkan juga merupakan pengejawantahan dan pengamalan dari Pancasila selaku falsafah dan pedoman hidup bangsa. Dengan adanya penebaran Ikan ini diharapkan masyarakat sekitar akan menjaga dan akan mendapatkan asas manfaat kesehatan dan kesejahteraan,”Tutur Jero Sengap Pelawak dan Seniman Bondres ini.

Lebih lanjut dijelaskan penebaran ikan ini akan terus berlanjut ke Desa kecamatan lainnya, dengan mencari momentum yang tepat untuk pelaksanaannya. “silahkan saja masyarakat atau kelompok tani ikan mengajukan proposal bantuan ikan, akan kami survey dulu setelah itu barulah kami lakukan pengkajian. Bantuan ikan ini murni dari swadaya relawan semut dan bukan untuk pencitraan. Karena dalam kegiatan sosial masyarakat kami telah melakukan berbagai jenis kegiatan sosial, seperti bedah rumah, pemberian Sembako kepada warga kurang mampu ataupun mepunia kepada Pemangku/sulinggih. Hal ini menjadi bagian dari Rsi Yadnya dari Panca Yadnya dalam Wedha’. Jelas Nyoman Ardika yang juga penekun spritual ini.

Tampak Hadir dalam kegiatan penebaran ikan tersebut pembina semut I Nyoman Muliadi, S.H, para pengurus semut se kabupaten Tabanan, dan tokoh masyarakat serta pemuda pada tempat berlangsungnya penebaran ikan.

{Tm red am}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *