Peringati Hari Santri SMK Muhammadiyah 1 Semarang Gelar Aksi Peduli Lingkungan Dan Budaya

Jejakkasus.info |JATENG – DIY

SEMARANG- Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Senin 23 Oktober 2023 SMK Muhammadiyah 1 Semarang menyelenggarakan rangkaian kegiatan aksi peduli lingkungan dan Budaya, Senin (23/10/2023)


SMK Pusat Keunggulan ini mengggelar rangkaian aksi peduli lingkungan dan budaya sebagai wujud keprihatinan terhadap lingkungan kita yang semakin memburuk.

Rangkaian kegiatan aksi peduli lingkungan ini dimulai dengan kegiatan seremonial sambutan Kepala SMK Muhammadiyah 1 Semarang.

Acara dilanjutkam dengan penampilan fashion show islami yang bertempat di halaman Sekolah. Dengan mengenakan budaya islami yang modern dan trendi , Siswa/I SMK Mutu Smart berlenggak lenggok menampilkan fashion show.

Teriakan ‘ huuu’ dan tepuk tangan meriah mengiringi penampilan fashion show ini . Tak Ketinggalan bapak ibu guru dan karyawan juga berpartisipasi dalam acara fashion show ini. Semua terlihat gembira dan senang mengikuti acara.

Di bagian lain dari halaman Sekolah , nampak siswa melaksanakan kegiatan menulis dan menggambar seni kaligrafi. Sekitar dua puluh siswa yang memiliki kegemaran seni kaligrafi melaksanakan demo pembuatan kaligrafi.

Sebagaimana difahami bahwa salah satu jurusan di SMK Mutu Smart adalah jurusan Animasi sehingga siswa Sekolah ini tidak asing lagi dengan seni kaligrafi.

Tidak hanya sampai itu, acara dilanjutkan dengan kegiatan penanaman bunga pot sebagai bentuk upaya penghijauan dan penciptaan lingkungan yang asri dan nyaman. Masing-masing siswa membawa benih bunga dan pot dari rumah kemudian ditanam di lingkungan Sekolah. Setelah itu merawat dan memelihara tanaman tersebut sehingga tumbuh dengan baik .

Rangkaian acara ini diakhiri dengan kegiatan peduli lingkungan berupa membersihkan lingkungan sekitar sekolah. Seluruh siswa didampingi guru dan karyawan membersihkan sampah dan mengambil seluruh kotoran yang ada di depan jalan Sekolah dan sekitar Sekolah.

“Acara ini merupakan ikhtiyar kita dalam membudayakan dan mengaktualisasikan nilai dan karakter Santri kepada siswa/siswi kita. Santri tidak identik dengan Saudara kita dari kalangan Nahdyin saja, namun semua kita yang memiliki niat belajar , terutama belajar agama Islam adalah Santri” . Demikian tutur Lukman Hakim S.Pd, Kepala SMK Mutun Smart dalam sambutannya.

Dengan mengangkat tema, “Santri SMK Mutu Smart Peduli Lingkungan ”, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang kecintaan kepada lingkungan dan memberikan pembelajaran implementasi nilai-nilai agama dan P5 secara lebih riil dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercermin dalam perilaku dan karakter Siswa, Pungkas Lukman Hakim.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *