Perlu Perhatian Pemerintah Kabupaten Lakukan Normalisasi Sungai Induk Sepanjang 9 Km, Pinta Kades Suhada

Indragiri Hilir l Jejakkasus.info – Untuk mencegah kembali terjadinya banjir di Desa Suhada Kecamatan Enok beberapa waktu yang lalu, Sungai Induk di desa tersebut harus dilakukan normalisasi dan pembersihan dari sampah yang ada.

Kepala Desa Suhada Kecamatan Enok, Muhammad Ikhsan, S Kom, saat di mintai tanggapannya Jumat, 18 November 2022 memgatakan, memgatakan, sungai induk di Desa Suhada tersumbat akibat dipenuhi rumput dan bekas pohon nipah mati

“Akibatnya saat curah hujan tinggi seperti beberapa waktu kemaren, air jadi terhambat untuk turun pak. Akibat jadi banjir,” jelasnya.

Ketika disinggung apakah tidak dilakukan normalisasi, menurut Kades kembali, ini bukan parit kecil, tapi sungai induk yakni ujung Sungai Enok. Untuk itu memerlukan dana besar dan sudah barang tentu tidak mampu dengan menggunakan dana desa.

Ia juga menjelaskan pihak desa sudah sering mengusulkan lewat Musrenbang Kecamatan untuk program normalisasi sungai induk sekitar kurang lebih 9 KM. Sayangnya hingga saat ini belum juga terwujud.

“Setiap tahun sudah disampaikan melalui Musrenbang Kecamatan dan menjadi prioritas, sayang hingga sekarang tidak juga masuk dan terlaksana lewat instansi terkait di tingkat Kabupaten,” tambah Kades. (Marbun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *