Petani Justru Dukung Galian C Dilanjutkan.

oleh -72 views

Jejakkasus.info | Mojokerto – Jatim – Warga yang mayoritas bertani di Jatidukuh, Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto Jawa Timur meminta aktivitas penambangan Galian C dilanjutkan. Itu lantaran, aktivitas penambangan dinilai menguntungkan petani.

Seorang petani, yang tidak ingin disebutkan namanya menyampaikan, sawah yang akan dibuat dengan aliran air yang cukup akan meningkatkan hasil panen. “Sejak adanya Galian C, jadi ada akses ke lahan pertanian,” kalau panen padi, mobil pengangkut bisa masuk dekat kelahan pertanian,” Sebelum ada tambang Galian C, untuk menuju sawah petani harus melawati jalan mendaki bukit. Kondisi itu menyulitkan petani saat panen padi. kata Mr X.

Adanya aliran air keruh selama ini lebih kepada kondisi alam yang sering hujan dimalam hari dan juga adanya warga yang mencari pasir secara manual kata Tuwowo sungai.

Tidak hanya itu, ditambahkan Mr X, keuntungan lainnya adalah hasil reklamasi galian membuat tanah lebih subur. Sebelumnya juga ada penambangan namun berhenti sebelum waktunya alhasil lahan yang digali menjadi tidak tertata, merupakan gundukan tanah yang hanya ditanami pohon pisang dan singkong.

Hal senada disampaikan (nama sumber selain Mr X), warga meminta tambang Galian C dilanjutkan. Selama tidak merugikan petani dan warga yang mendukung aktivitas tambang berlanjut. Tanah bekas penambangan, ditandaskan (Mr X warga), pun tidak ditinggalkan begitu saja. Namun akan, direklamasi dan dapat dimanfaatkan untuk pertanian.

“Jalan akan menjadi bagus, tidak mungkin petani bisa membuat jalan,” kata (nama sumber selain Mr X).

Hal ini merupakan wawasan untuk warga yang belum tahu tentang kelanjutan Galian C. Pengusaha tambang galian C juga peduli dengan masyarakat seperti memberikan bantuan dan santunan bagi warga Dusun Dukuh, imbuh (Mr X).

Secara terpisah “Supriyanto als Ilyas” Ketua Umum Non Novernment Organization (NGO) Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti Korupsi (GMICAK) Sangat mendukung usai klarifikasi kebenarannya kepada Warga sekitar.

Senada dengan Warga, Pengusaha tambang galian C saat di Konfirmasi, Membenarkan, Bahawa “Adanya Galian tersebut” peduli dengan masyarakat sekitar telah menerima bantuan dan santunan. Tutupnya. (Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *