Pit Jun Buka TI di Pinggir Jalan Raya Gerbang Kec. Belinyu

oleh -272 views

BANGKA l Jejakkasus.info – Kabupaten Bangka. Kembali heboh, pasalnya Anggota Legislatif Kab. Bangka Junaidi Surya alias Pit Jun buka Tambang Invenkonsional ( TI) Ilegal di pinggir jalan raya Belinyu Gerbang Kecamatan Belinyu.

Berdasarkan hasil investigasi di lapangan Tim media Jejakkasus.info Babel bersama Ketua LSM AMAK Babel melihat langsung TI lagi beroperasi, sore pukul 15.00 WIB, Selasa (20/04/2021).

Dipinggir Jalan Raya Belinyu sebelum Gerbang Kecamatan Belinyu Sebelah kiri jalan dari arah Sungailiat.
Hanya berjarak kurang lebih 5 Meter dari Jalan Raya TI beroperasi.

Ketika dikonfirmasi langsung dengan pegawai TI tersebut mengatakan, “Ini TI milik Bos Pit Jun. Ini lokasi milik Bos Pit Jun. Kami kerja sudah sekitar satu mingguan”, jelasnya kepada awak media Jejakkasus.info Babel.

Kemudian Tim jejakkasus.info Babel mencoba menghubungi Pit Jun melalui telepon selular beberapa kali untuk meminta konfirmasi. Tapi tidak ada jawaban.

Kemudian Tim Jejakkasus.info Babel bersama Ketua LSM AMAK Babel meminta konfirmasi pada Camat Belinyu, Syarli Nopriansyah, S. STP menjelaskan, “Yang pertama kami tidak tahu ada kegiatan itu (TI yang beroperasi), Anggota Satpol PP sudah saya kirimkan kesitu untuk mengecek langsung”, imbuhnya.

“Kalaupun itu, dilokasi tembok itukan(lokasi TI yang ditutup tembok), baru beberapa bulan yang lalu, kalau tidak salah awal tahun 2021 dibeli oleh Pak Pit Jun. Dan kami tidak tahu disitu ada kegiatan apapun disitu”, jelas Syarly saat dikonfirmasi di Rumah Dinasnya.

“Siapa dan apa dibalik itu, kita tidak tahu. Yang pasti itu kalau kondisi dekat dengan jalan tetap kami hentikan. Saat mendapat video dari media langsung saya kirim Satpol PP yang piket untuk cek lokasi dan saya instruksikan siapa yang bertanggungjawab atas kegiatan itu” tutur Pak Camat dengan nada tegas.

Terpisah, melalui via WhatsApp Tim Media Jejakkasus.info Babel meminta konfirmasi ke Kapolsek Belinyu, Kompol Noval Desky S.H, S.IK, menyampaikan, “Terimakasih infonya, akan kita lakukan pemyelidikan. Pada prinsipnya setiap orang/badan usaha yang melakukan kegiatan pertambangan harus memiliki izin sesuai ketentuan yang berlaku”, tegasnya.

Kemudian, Hadi Susilo selaku Ketua LSM AMAK Babel mengatakan, “Kita sudah melihat fakta dilapangan, ini harus ditindak tegas kenapa kegiatan TI ini bisa beroperasi di pinggir jalan raya. Ini bisa merusak aset jalan raya dan kalau mau menambang harus ada izin bukan main tambang saja meski di tanah pribadi. Ini jelas melanggar Perda”, Tandas Hadi.

Sekarang makin maraknya Tambang Invenkonsional Ilegal ini banyak mengakibatkan kerusakan Alam dan juga Aset daerah dan ini harus ditindak tegas oleh pihak penegak hukum kita. (Tim Jejakkasus.info Babel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *