Polres Tabanan Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 Secara Virtual

Tabanan | jejakkasus.info – Bertempat di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan telah berlangsung Upacara Peringatan Hari Pancasila Tahun 2024 secara Virtual yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia H. Ir. Joko Widodo selaku Inspektur Upacara.

Upacara Peringatan Hari Pancasila Tahun 2024 dilaksanakan terpusat di Lapangan Garuda Blok Rokan, Kabupaten Dumai, Provinsi Riau.

Adapun tema dari Peringatan Hari Pancasila tahun 2024 ” Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045″.

Hadir dalam kegiatan Upacara Peringatan Hari Pancasila Tahun 2024 secara virtual di Polres Tabanan antara lain, Waka Polres Tabanan, PJU Polres Tabanan, Para Kapolsek jajaran Polres Tabanan dan Para Perwira Polres Tabanan

Rangkaian upacara Upacara Peringatan Hari Pancasila Tahun 2024 secara Virtual antara lain, Laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara Presiden RI, Penghormatan Kebesaran Kepada Inspektur upacara, Laporan Komandan Upacara, Pengibaran Bendara Merah Putih, Mengheningkan Cipta dipimpin Irup, Tanda Kebesaran Buka, Pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI, Tanda Kebesaran Tutup dan Pembacaan Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI

Adapun amanat Inspektur Upacara pada intinya menyampaikan patut bersyukur negara kita tetap kokoh stabil dan terus bersatu padu tumbuk ekonominya ditengah gempuran dunia yang penuh ketidakpastian ditengah dunia dilanda krisis ditengah dunia yang penuh geopolitik penuh ketegangan dan rivalitas.

Kita selalu harus optimis karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa dan mempunya moda sosial dan moda budaya yang kokoh, sumber daya manusia dan sumber daya alam yang melimpah oleh karena itu kita harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi.

Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa termasuk kemerdekaan bangsa palestinadan memperjuangkan perdamaian dunia.

Peranan Indonesia dalam politik internasional semakin kokoh kita telah menjadi pemimpin G20 yang berhasil dan KTT Asean yang sukses dan termasuk WWF yang baru kita selenggarakan.

Keaktifan kegiatan internasional tidak menyurutkan perjuangan kita untukberdikari dalam bidang ekonomi kita terus perjuangkan kemandirian ekonomi termasuk disterilisasi dalam negeri dan hilirisasi di berbagai sektor

Kita harus menjamin kekayaan negara untuk kemakmuran rakyat kita juga harus aktif mengambil alih aset-aset strategis bangsa kita kelola dan manfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat.

Salah satunya adalah blok Rokan di Riau ini setelah saham mayoritas Freeport kita ambil alih, kemudian Blok Rokan kita ambil alih yang merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia yang sudah di kelola oleh perusahaan asing selama 97 tahun.

Kita harapkan Pancasila sebagai pembebas dari ketergantungan kita pada pihak asing

Frepot dan Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan Nasional berdiri diatas kekuatan kita sendiri.

Kita juga ikut terus berupaya dalam Dunia menuju Ekonomi Hijau, pilihan ini bukan karena kita ingin ikut-ikutan tetapi karena kita memiliki kekuatan besar kita punya daya saing tinggi dalam ekonomi Hijau, kita hampir punya segala jenis energi hijau mulai dari Panas bumi Surya air, angin dan ombak kita punya hasil kebun yang bisa diolah menjadi energi hijau.

Transisi energi harus dilanjutkan secara bertahap menuju energi hijau sehingga meningkatkan nilai tambah dalam negeri guna mensejahterakan rakyat yang sejalan dengan nilai Pancasila.

Ditengah perkembangan jaman nilai Pancasila harus diaktualisasikan dan diwariskan dalam perilaku nyata dalam kebijakan nyata yang jelas hasilnya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Demokrasi saat ini Indonesia didominasinoleh generasi Y generasi milenial, Generasi Z dan Generasi alpha cara kita mensosialisasikan Pancasila harus sesuai dengan generasi mereka dengan praktek teladan yang nyata dan mengembangkan budaya Indonesia.

Mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memegang teguh nilai Pancasila menunjukan dengan ucapan perilaku dan kebijakan nyata kepada seluruh rakyat indonesia dan menjadikan Indonesia berwibawa Dimata dunia.

Selesai amanat Irup, dilanjutkan dengan Pembacaan Doa oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Andika Bhayangkari, Laporan Komandan Upacara, Penghormatan Kebesaran kepada Irup, Presiden RI selaku Inspektur Upacara Meninggalkan Mimbar Upacara dan Acara tambahan pertunjukan tari Kolosal.

Selama kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar,”tutupnya.

( Hum Polres Tabanan )
Red am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *