Prodi TPHP Launching Inkubator Bisnis Mahasiswa Sebagai Bentuk Aplikasi Mata Kuliah Kewirausahaan

by -931 views

Jejakkasus.info | Inkubator Bisnis Mahasiswa sebagai wadah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di bidang bisnis dan usaha, sesuai dengan bakat dan minatnya sehingga mereka memiliki bekal kemampuan untuk membuka usaha guna memenuhi keperluan hidupnya.

Inkubator Bisnis merupakan aplikasi dari mata kuliah kewirausahaan yang telah dipelajari oleh mahasiswa TPHP pada semester IV, oleh karena itu untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari tersebut mahasiswa membuat ide kreatif yang disebut dengan “Inkubator Bisnis Mahasiswa Prodi TPHP PDD Polnep Kapuas Hulu”.

Inkubator Bisnis Mahasiswa Prodi TPHP PDD Polnep Kapuas Hulu yang diresmikan langsung oleh Kuswartini, S.TP., M.Sc selaku ketua prodi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan pada hari senin tanggal 28 Januari 2019 yang berlokasi di workshop pengolahan prodi TPHP.

Saat menyampaikan sambutannya, Kuswartini, S.TP., M.Sc mengucapkan terima kasih kepada Kepala Workshop Pengolahan, Kepala Unit Produksi dan Pembina HMJ TPHP karena telah membimbing mahasiswa sehingga mereka bisa membuat ide kreatif dalam membantu mempromosikan produk prodi TPHP baik itu dilingkungan kampus maupun keluar kampus melalui program Inkubator Bisnis Mahasiawa.

Kemudian dia juga sangat mengapresiasi ide kreatif mahasiswa tersebut karena telah menumbuhkan ide bisnis dilingkungan kampus. Dalam kesempatan itu juga Kuswartini berpesan kepada mahasiswa, ide kreatif tersebut juga bisa ditumbuhkan dalam perkuliahan dan yang lebih penting ide kreatif harus dimunculkan setelah mahasiswa menyelesaikan studinya di PDD Polnep Kapuas Hulu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat didalam Inkubator Bisnis Mahasiswa ini, terutama kepada Kepala Workshop Pengolahan, Kepala Unit Produksi dan Pembina HMJ, serta kepada mahasiswa, saya berharap ide kreatif harus terus dikembangkan dan ide seperti ini bisa diterapkan pada perkuliahan dan setelah mahasiswa menyelesaikan studinya” ucap ketua prodi TPHP tersebut.

Kuswartini berharap dengan adanya Inkubator Bisnis Mahasiswa ini, supaya ada pembelajaran bagi mahasiswa untuk menerapkan teori pada mata kuliah kewirausahaan dengan praktek bisnis, mahasiswa bisa mengolah dan membuat produk olahan serta bisa memasarkan produk hasil olahan tersebut.

“Harapan saya dengan adanya Inkubator Bisnis Mahasiswa ini agar mahasiswa bisa belajar menerapkan antara teori dan praktek, bisa mengolah dan membuat produk olahan serta bisa memasarkan produk yang olah tersebut” harapnya.

Saat ini prodi TPHP sedang melengkapi izin produk olahan di Dinas Kesehatan kabupaten Kapuas Hulu, yang mana izin tersebut sebagai legalistas layak konsumsi supaya produk hasil pengolahan prodi bisa dipasarkan di wilayah kabupaten Kapuas Hulu.

“Kita tidak mau mengeluarkan produk olahan tanpa izin dari Dinas Kesehatan, karena kita lembaga pendidikan resmi jadi harus memberikan contoh yang baik kepada maayarakat” terang Ibu Kus panggilan akrabnya.

Untuk diketahui bersama bahwa saat ini Inkubator Bisnis Mahasiswa Prodi TPHP PDD Polnep Kapuas Hulu membuka jasa pelayanan seperti membuat dan menjual aneka jajanan olahan, jasa print, fotocopy, jilid, ATK dan lainnya. (Mdn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *