Puncak Hari Lingkungan Hidup Se-dunia Digelar Ditempat Wisata Sumbertakir Jokarto Lumajang

Lumajang – jejakkasus.info. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-dunia digelar langsung ditempat Wisata Sumbertakir Desa Jokarto, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Pada hari, Rabu, 26/06/2024. Ada beberapa Desa yang tampil kedepan untuk merima penghargaan, Desa Proklim dan Desa Berseri Kategori Utama Tahun 2024, dari Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni.

Dalam kegiatan, Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-dunia, Tahun 2024 sesuai dengan surat No.600.4.21/967/427.47/2024 tanggal 20 Juni 2024, dari Sekda.

Dikegiatan tersebut juga diserahkan beberapa penghargaan kepada Pemenang Proklim, Kabupaten Lumajang Tahun 2024 pemenang Proklim tersebut diantaranya adalah:

1. Desa Pasrujambe, Kec: Pasrujambe ( Proklim Kategori Lestari )

2. Desa Sidomulyo, Kec: Pronojiwo ( Proklim Kategori Utama )

3. Desa Sumberwuluh, Kec: Candipuro ( Proklim Kategori Utama )

4. Desa Pandansari, Kec: Senduro ( Proklim Kategori Utama )

5. Desa Pakel, Kec: Gucialit ( Proklim Kategori Utama )

6. Desa Kaliboto Kidul, Kec: Jatiroto ( Proklim Kategori Utama )

7. Desa Rojopolo, Kec: Jatiroto ( Proklim Kategori Utama )

8. RW 01 Kel: Tompokersan, Kec: Lumajang ( Proklim Kategori Utama )

9. RW 01 Kel: Ditotrunan, Kec: Lumajang ( Proklim Kategori Utama )

Dengan hasil kinerja yang baik, beberapa Pemerintah Desa dan Kelurahan menjadi pemenang Desa Proklim, Berseri, dan juga ada Kategori Rintisan Madya diantaranya adalah;

1. Desa Banjarwaru ( Kategori Rintisan Pratama )

2. Desa Senduro ( Kategori Rintisan Madya )

3. Kelurahan Jogotrunan ( Kategori Rintisan Madya )

4. Kelurahan Rogotrunan ( Kategori Rintisan Madya )

5. Desa Kaliboto Kidul ( Kategori Rintisan Mandiri )

Puncak Kegiatan Hari Lingkungan Hidup Se-dunia tersebut dihadiri oleh Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ), Kadinkes, Kadis Perikanan, dan PLT Kadis PUTR, juga Kepala Cabang Kehutanan Provinsi Jawa Timur, UPT SDA Bondoyudo Lumajang, Kepala Perum perhutani Probolinggo, Kepala Bidang Pemeliharaan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Aspilu, Camat Tempeh beserta anggota, dan juga ada Kadis yang lainnya, yang ikut turun langsung kelapangan, ikut serta mendampingi penghijauan atau reboisasi untuk menjaga kelestarian lingkungan alam.

Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Dra. Hertutik M.Si. menyampaikan, nanti akan dilakukan reboisasi, disini ada 1000 pohon ada trambesi, camilina, mahoni dan beberapa jenis pohon lainnya.

“Sementara bukan itu saja karena ini puncak acaranya, juga ada nanti pelepasan burung satwa dan juga penebaran bibit ikan hasil kolaborasi dengan Dinas Perikanan dan bantuan bibit dari Perhutani Kabupaten Lumajang, “kata Hertutik ( DLH )

Disisi lain, Pemerintah Desa ( Pemdes ) Desa Jokarto yang saat ini masih dipimpin oleh Kepala Desa Affifudin, dalam acara tersebut sempat menyampaikan,

“Bahwa jalan Kabupaten Lumajang yang menuju ketempat Wisata Sumbertakir tersebut jalannya masih sempit dan juga belum ada Drainasenya, butuh perbaikan lagi, “kata Affifudin sambil lirik kearah PLT Kadis ( PUTR)

( RH )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *