Puskesmas Kedaton Siaran Keliling di Desa Grogol, Sosialisasi Mengenai Virus Corona

by -203 views

Jejakkasus.info | Cirebon – Mengantisipasi penularan Virus Corona (Covid-19) yang semakin mewabah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat melalui Puskesmas Kedaton, Kecamatan Kapetakan, melakukan sosialisasi, salah satunya dengan melakukan siaran keliling bersama Aparatur Pemerintahan Desa Grogol dan didampingi Bhabinkamtibmas Polsek Kapetakan, Bripka Retno, Kamis (26/3/2020) pukul 10.30 WIB.

Harlin salah seorang pegawai Puskesmas Kedaton, mengatakan siaran keliling dilakukan hampir di setiap lokasi oleh pihak Puskesmas. Semua kelompok masyarakat menjadi atensi bagi Dinkes dalam hal Virus Corona (Covid-19) karena sudah pandemi.”Masyarakat harus diberi pengertian dengan berbagai cara mengenai Virus Corona (Covid-19) salah satunya dengan siaran keliling, media sosial, dan sebagainya,” ujar Herlin.

“Prinsipnya virus itu, pertama ada di alam luar kita, supaya tidak masuk ke tubuh maka harus dicegah,’’ tegasnya.

Virus bisa masuk lewat saluran lendir mata, saluran lendir hidung, dan mulut. Oleh karena itu, daya tahan tubuh harus kuat agar virus tidak bisa masuk ke dalam tubuh.”Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan cara makan yang cukup, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup,” terang Herlin.

Mengenai Social Distancing, masyarakat tetap harus bisa menjaga kebersihan diri, salah satunya mencuci tangan dengan sabun.”Ini hanya soal kebiasaan hidup sehat saja dan mengantisipasi penyebaran Covid 19, karena kita tidak tahu kapan dan dimana bisa terpapar, mencegah lebih baik dari mengobati.

Pihak Puskesmas menganjurkan kepada masyarakat, sebelum makan diharuskan cuci tangan, menjahui kerumunan orang banyak, kalau ada tanda-tanda seperti batuk, demam, panas dingin, segera memeriksakan ke Puskesmas atau bidan terdekat,” papar Herlin. (Rasoma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *