Ratusan Rumah dan Persawahan di Empat Kecamatan Se Padang Lawas Terendam Banjir.

oleh -27 views

Jejakkasus.info | Padang Lawas

Hujan yang mengguyur Wilayah Kabupaten Padang Lawas hampir satu malam, mengakibatkan ratusan rumah warga dan ratusan hektar persawahan di empat Kecamatan terendam banjir akibat luapan Sungai Barumun, Sungai Aek Sosa dan Sungai Aek Uluaer.

Guyuran hujan yang terjadi mulai sore pukul 17.00 Wib hingga pukul 03.00 Wib Sabtu 27 Maret 2021 mengakibatkan terjadinya banjir di
Kecamatan Barumun Baru, Kecamatan Sosopan, Kecamatan Sosa dan Kecamatan Sosa Julu mengakibatkan ratusan rumah warga dan ratusan hektare lahan persawahan terendam genangan air.

Pantauan Awak Media ini kelapangan, diantara ke empat Kecamatan yang terendam banjir, paling parah terjadi di Kecamatan Barumun Baru tepatnya di Desa Binabo Jae, Desa Binabo Julu, Simaninggir, Sabarimba, Siolip, Hasahatan jae, Mompang dan Desa Sigorbus.

Di Desa Binabo Jae, selain ratusan rumah warga dan ratusan hektare lahan persawahan yang menunggu panen terendam banjir terdapat se Ekor Kerbau milik Siddik Daulay diperkirakan seharga Rp. 35 juta turut jadi korban terbawa arus luapan sungai Barumun

Saipul Warga Desa Sabarimba kepada Awak Media menjelaskan bahwa puncak luapan air terjadi sekitar pukul 06.00 Wib sehingga mencapai ketinggian 1 meter dan berangsur surut, dikatakannya kejadian seperti ini jarang terjadi dalam kurun Delapan tahun terakhir ini baru kembali terjadi separah ini,

Harapan kami dari Masyarkat agar kiranya pihak Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, bisa prihatin dan bisa mencari solusi untuk meringankan beban masyarakat terdampak, di samping itu kami berharap agar Pemerintah bisa menyikapi dan bertindak terhadap oknum oknum pelaku pembalakan liar di hutan Bukit Barisan.

Menurut kami, banjir yang terjadi ini tidak sekedar akibat datangnya hujan, namun sudah kuat dugaan bahwa berkaitan dengan terjadinya erosi akibat maraknya perambahan hutan, sehingga luapan air yang membanjiri rumah warga dan areal persawahan kita lihat cukup keruh kental berlumpur. Jelas Saipul.

Wakapolres Padang Lawas Kompol JW Sijabat ketika dikonfirmasi Awak Media ini saat dilokasi mengungkapkan rasa turut prihatin atas terjadinya musibah banjir yang melanda wilayah Padang Lawas, yang jelas kita dari Personil Polres Padang Lawas ikut siap siaga turut serta bahu membahu bersama masyarakat mengevakuasi barang barang serta membersihkan rumah warga.

Tampak dilokasi turut Sibuk, Kabag Sumda Kompol Jalanak, Kabag OPS Kompol Aswin Noor SH MM, Kasat Shabara AKP Husni Yusuf, Kasat Intel AKP Abdul Bahri , Kasat Reskrim AKP Aman B Putra SH, Kasi Propam IPDA Guliat Harahap. Kapolsek Barumun Lakhar AKP K. Manurung SH, Kanit Laka Lantas IPDA Irmanto, dan bersama personil lainnya.

Wakil Bupati Palas drg.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi bersama Wakapolres Palas Kompol JW Sijabat SH dan sejumlah OPD, bersama Personil TNI Dandim 0212/ TS diwakili personil Koramil 08/Barumun sekaligus memberikan bantuan Beras, Sembako kepada warga yang terkena musibah, dan turut serta melakukan pembersihan rumah warga.

Terakhir Team Siaga Sar Personil Korp Brimob Kompi I C Sipirok yang di pimpin Komandan Kompi AKP Rudihartono Siagian bersama 22 Orang personilnya turut ambil bagian membantu masyarakat membersihkan lumpur di Gedung gedung Sekolah yang terendam banjir. Black jk tv pria sskti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *