Ratusan Tikus di Grebek di Areal Pesawahan Desa Purwawinangun dan Desa Muara Cirebon

by -514 views

 

jejakkasus.info | Provinsi Jabar – Kabupaten Cirebon – Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kecamatan Suranenggala dan seluruh Kepala Desa (Kuwu) di Kecamatan Suranenggala, dengan serentak berburu tikus atau grebek tikus di areal persawahan Desa Purwawinangun dan Desa Muara, Kamis (10/1/2019) pukul 07.00 WIB.

Kegiatan perburuan tikus yang menjadi hama perusak tanaman padi itu, melibatkan petani, mereka berburu tikus dengan cara dipentung dan menggunakan anjing pemburu tikus, sehingga ratusan tikus dengan mudah dapat ditangkap.

Bendahara Kecamatan Suranenggala Sutaman yang turut dalam kegiatan ini, mengharapkan perburuan tikus dapat mengurangi populasi tikus dan akan lebih meningkatkan hasil panen petani.”Setidaknya sekali dalam tiga tahun, masa hama tikus akan mewabah. Sedangkan puncaknya tidak menentu. Untuk itu kita berharap melalui Dinas Pertanian setempat agar mengang­garkan kegiatan tersebut setiap tahunnya agar swasembada pangan tetap terjaga,” harapnya.

Camat Suranenggala Dra. Indra Fitriani, MM mengatakan, ke­giatan berburu tikus tersebut sebaik­nya rutin digelar sedikitnya sekali dalam setahun.”Hal itu akan sangat efektif membasmi salah satu hama di setiap musim tanam, juga untuk mem­bantu petani dalam menjaga tanaman­nya terhindar dari hama tikus dan dengan adanya kerja sama yang terbina diha­rapkan hasil panen petani bisa mening­kat dan target swasembada pangan terpenuhi,” ujarnya.

Laporan: Caswila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *