Ratusan Warga Desa Matangaji Demo Kuwu Sudarta

by -232 views

Jejakkasus.info | Provinsi Jabar – Kabupaten Cirebon – Ratusan warga Desa Matangaji, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kamis (28/3/2019) siang, mendatangi Kantor Kepala Desa Matangaji, untuk bertemu dengan Kepala Desa (Kuwu) dan sejumlah perangkat desa yang dianggap menurut warga setempat kinerjanya tidak beres dalam menjalankan tupoksinya, sebagaimana yang telah diatur dalam Undang – Undang Pemerintah Desa Nomor 6 tahun 2014.

Warga melakukan aksi demo dan protes keras didepan Kantor Kuwu yang didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta dihadiri sejumlah awak media cetak dan media online untuk meliput kegiatan unjuk rasa warga Matangaji tersebut.

Menurut salah satu warga setempat yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan, aksi ini terpaksa dilakukan karena akan diadakannya pergeseran atau rolling jabatan pengukuhan yang akan dilakukan secara sepihak oleh Kuwu tanpa adanya musyawarah terlebih dahulu.

Menurutnya, rencana pergeseran dan pengukuhan alih fungsi tugas itu ditujukan kepada Nuryati selaku Sekretaris Desa yang telah menjabat kurang lebih 3 tahun atas dasar informasi surat yang dilayangkan kepadanya.

Akhirnya Nuryati bersama keluarga berinisiatif dan dibantu ratusan warga pendukungnya
untuk melakukan unjuk rasa sekaligus menanyakan kepada Sudarta atas tindakannya melakukan ketidakadilan dalam menjalankan tugasnya sebagai Kuwu.

Warga dalam orasinya meminta kepada Kuwu Sudarta untuk tidak berbuat semena – mena atau seenaknya sendiri dan tidak berperikeadilan dalam rolling jabatan serta pemerintahannya harus benar – benar transparan sesuai dengan undang – undang keterbukaan publik nomor 14 tahun 2008.

Dari aksi unjuk rasa tersebut akhirnya menghasilkan kesepakatan dan Kuwu Sudarta membuat pernyataan sikapnya secara tertulis yang dibacakan mantan Kaur Pemerintahan Kumdani didepan para pengunjuk rasa yang isi kesimpulan dari surat pernyataan tersebut sebagai berikut.”Untuk sementara ini tidak ada pergeseran atau pergantian dan pengukuhan perangkatnya dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan”.

Hal tersebut dipertegas oleh Camat Sumber melalui Kasi Trantib (MP) Kecamatan Sumber Handi Rohandi.”Saat ini tidak ada pergantian jabatan di perangkat Desa Matangaji,” tegasnya.

Sementara itu, ketua BPD Matangaji Dadan saat ditemui media mengatakan, dirinya beserta anggota tidak ada kapasitas untuk ikut dalam urusan rolling jabatan perangkat desa, dan menurutnya semuanya telah diatur dalam Perbup.

Dadan menambahkan, kami sebelumnya tidak mengetahui perihal rencana akan adanya pergeseran jabatan perangkat desa bahkan musyawarah dengan kami pun selaku BPD tidak ada,” kata Dadan.

Sedangkan Rasdi selaku sesepuh Desa Matangaji menegaskan.”Kami ingin Desa Matangaji memiliki pemimpin desa yang berdaulat, adil dan amanah dalam menjalankan tugas – tugasnya seperti para pemimpin – pemimpin desa terdahulu, sehingga desa kami menjadi desa yang benar – benar maju,” harap Rasdi saat wawancara dengan para awak media. (Tim 9 Jabar)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *