Relawan PMI Bondowoso Tampilkan “Singo Ulung” Budaya Khas Bondowoso Di Jawa Timur

Berita | Jejakkssus.info -, Bondowoso – Kontingen PMI Kabupaten Bondowoso ikut serta dalam pawai Budaya “Temu Karya PMI Jatim Tahun 2022” PMI Bondowoso kali ini berpartisipasi dalam kegiatan temu relawan PMI Jatim yang bertempat di Gelora Bung Sutomo Surabaya. Senin (03/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut, PMI Kabupaten Bondowoso walaupun degan segala keterbatasan yang ada, namun tidak mengurangi semangat para relawan dari kota tape ini. Selepas apem pembukaan hari pertama dilaksanakannya pawai budaya tersebut, kontingen PMI Kabupaten lainnya menampilkan beragam khas budaya daerah masing-masing. Tidak terkecuali PMI Kabupaten Bondowoso yang menampilkan ikon budaya daerah yaitu “Singo Ulung”.

Walaupun relawan PMI Kabupaten Bondowoso tidak terlalu banyak dan barisannya tidak terlalu panjang, akan tetapi dalam pagelaran pawai budaya tersebut dan disepanjang jalan rute yang dilalui. Singo Ulung menjadi pusat perhatian, hal itu dikarenakan penampilan dan pementasan Singo Ulung merupakan salah satu kesenian khas Bondowoso yang sudah populer dan memiliki akar sejarah bagi Kabupaten Bondowoso.

Ir. Wahyudi Triatmadji selaku Kepala Markas PMI Kabupaten Bondowoso yang memang sangat perhatian dan mengawal betul kepada kontingen PMI Bondowoso mengatakan, “Pada pelaksanaan pagelaran Temu Karya tahun ini merupakan ajang silaturahim bagi relawan yang selama ini mengikuti hanya sebagai peninjau, “jelasnya.

Dirinya menambahkan, disaat pawai budaya kontingen Bondowoso melewati rute pawai banyak sekali warga kota Surabaya yang mengabadikan. Bahkan sengaja meminta berselfiria dan mengajak foto bersama. “Bahkan pula banyak warga yang meminta agar anaknya dinaikkan keatas punggung Singo Ulung ‘Can Macanan Kaddu’ (kata maduranya), “tambahnya.

Oleh karena itu, mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Bondowoso tersebut berharap, relawan PMI Kabupaten Bondowoso merasa bangga bisa mengikuti semua kegiatan Temu Karya relawan PMI Jatim ditahun ini. “Relawan PMI Kabupaten Bondowoso akan tampil lebih baik lagi dimasa yang akan datang,  baik dalam jumlah peserta maupun kegiatan yang diikutinya, “pungkasnya. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *