Ribuan Warga Ngubek Empang di Lebaran Depok

Ribuan warga dari 11 Kecamatan di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, berebutan menangkap ikan dengan tangan kosong dalam kegiatan Ngubek Empang rangkaian Lebaran Depok. (Foto: Istimewa)

Depok l Jejakkasus.info – Wali Kota Depok Mohammad Idris, mengatakan bahwa ribuan orang dari 11 kecamatan di Kota Depok tumplek di empang atau kolam. Mereka menangkap ikan dengan tangan kosong.

“Tradisi Ngubek Empang, merupakan tradisi atau kebiasaan bagi orang tua zaman dahulu di Kota Depok. Sebelum merayakan Lebaran atau Idul Fitri dan untuk warga Betawi Depok tempo dulu tentunya persiapan menjelang Idul Fitri dilakukan dengan tangan kosong,” kata Wali Kota Depok didampingi Sekretaris Umum Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) Berbudaya Nina Suzana, Kamis (16/5/2024) saat membuka kegiatan Ngubek Empang dalam rangkaian Lebaran Depok di Jalan Raya Abdul Ghani, Kelurahan Kalibaru, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

Menurut Idris, kegiatan ini perlu diperkenalkan ke warga Kota Depok.

Terlebih kalangan generasi muda.

“Kota Depok memiliki berbagai macam kesenian dan atraksi menarik yang harus dipertahankan serta dilestarikan agar tidak hilang,” kata Idris.

Pelaksanaan Ngubek Empang atau menangkap ikan di empang dengan tangan kosong tanpa alat apapun menjadi salah satu kegiatan pra atau sebelum Lebaran yang akan dilaksanakan mulai 17 hingga 19 Mei 2024 di Alun Alun Grand Depok City atau GDC.

Sekretaris Umum KOOD Nina Suzana, mengatakan terima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat Kota Depok yang ikut memeriahkan Ngubek Empang.

“Semua berjalan lancar dan sukses ribuan warga bersenang ria turun ke empang untuk menangkap ikan dengan tangan kosong,” kata Sekretaris Umum KOOD yang didampingi Ketua Panitia Dedi Hidayat.

Kegiatan Lebaran Depok ini, kata Nina,  merupakan yang ke enam kalinya dilaksanakan.

Laporan: Erdan Faizal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *