Sambut Tahun Anggaran Baru, Desa Dadapan Laksanakan Musrenbangdes Tahun Perencanaan 2020.

by -988 views

 

Banyuwangi | Jejakkasus.info – Pelaksanaan Musrenbangdes telah mulai di laksanankan di beberapa desa, tak terkecuali Desa Dadapan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Bertempat di Balai Desa Dadapan Kecamatan Kabat, pemerintahan desa Dadapan Kecamatan Kabat pada Senin 28 januari juga menggelar acara Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa). Dalam acara tersebut di hadiri Sekwilcam, Forpimka, Muspika, Dinas Pengairan, Dinas Pertanian, Dikbud, LPMD, serta BPD dan tokoh masyarakat setempat

Rangkaian acara musrenbangdes tersebut di mulai dengan penampilan seni tari Kuntulan yang di bawakan oleh siswa SD Dadapan 3, menurut salah satu panitia hal ini bertujuan untuk menunjukkan kreatifitas dan bakat seni yang di miliki siswa, serta memberikan hiburan pada peserta musrenbang dan masyarakat yang juga hadir dalam acara tersebut.

Musrenbang Desa adalah Forum Musyawarah tahunan para pemangku kepentingan ( Stake holder ) Desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa ( RKP ) tahun anggaran yang di rencanakan.

Musrenbang Desa di laksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM Desa. Setiap Desa di amanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Dalam sambutanya Kepala Desa Dadapan Hj. Kholiswatin mengatakan, ” Pada siang ini saya mengucapkan banyak terima – kasih atas kepedulian bapak – bapak atau ibu sekalian bisa hadir untuk mengukuti acara Musrenbangdes yang ada di Desa Dadapan ini dan yang mana acara tersebut adalah acara musyawarah tahunan, ” paparnya sambil senyum dengan ramah.

“Dengan di selenggarakanya musrengbangdes ini di maksutkan sebagai pedoman guna memberi arah kebijakan Pemerintah Desa sesuai Undang – Undang no. 6 tentang Desa. Musyawarah ini mengacu pada program anggaran tahun lalu 2018 yang pernah kita musyawarah atas mufakat bersama, sehingga untuk anggaran tahun 2019 dapat terealisasi secepatnya, sehingga tahapan tahapan serta program program pembangunan desa yang akan di sepakati nanti dapat segera bisa di laksanakan” tambah beliau.

Masih di lanjut oleh Hj. Kholiswatin, “Saya berharap dengan musyawarah ini harus kompak realistis demi untuk memajukan Desa kita, di upayakan kerja samanya biar masyarakat menjadi sejahtera dan makmur, juga apa yang di keluhkan warga supaya bisa terkafer di butuhkan musyawarah antar kelompok, dan masing – masing kelompok harus sepadan dan saling terbuka”. imbuhnya.(Hendri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *