Satlantas Polres Way Kanan Tidak akan Lagi Melakukan Tilang Manual.

Way kanan, jejakkasus.info

Menindaklanjuti instruksi Kapolri, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Way Kanan tak lagi akan melakukan tilang manual kepada para pelanggar lalu lintas, dan melakukan penarikan seluruh blangko/surat tilang manual yang ada pada personilnya, dan akan memberikan surat teguran bagi para pelanggar.

Hal tersebut dalam menindak lanjuti intruksi kapolri, dan juga sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah praktek yang mengarah pada dugaan pungutan liar yang ada diwilayah hukum Polres Way Kanan.

Kapolres Way Kanan AKBP Tedyy Rachaesna melalui melalui Kasat Lantas AKP Elvis Yani mengatakan, Polres way kanan tidak akan melakukan penilangan manual dan menarik semua blangko penilangan sebagai langkah dalam menindaklanjuti intruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Jadi blangko tilang sudah kita tarik semua, untuk sekarang yang dilakukan akan memberikan surat teguran Langsung untuk kepada para pelanggar, Dan untuk E-TLE sedang berkordinasi Ke Ditlantas Polda Lampung,” ujarnya saat memberikan keterangan Kamis (03/11/2022).

Elvis mengatakan, meskipun tak ada lagi tilang manual, polisi bakal beri surat teguran untuk pelanggar. Polisi Lantas juga masih dltetap akan berjaga meskipun penindakan tilang manual bagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas tidak ada lagi.

“Iya petugas polisi lalu lintas kita masih berjaga meskipun penindakan tilang manual bagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas tidak, anggota lalu lintas dilapangan bakal dibekali surat teguran selama proses peralihan penindakan tilang manual ke elektronik menggunakan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE),” ungkapnya.

Elvis mengatakan, bahwa surat teguran itu akan menggantikan surat tilang yang sudah ditarik dari seluruh anggota seiring dengan dilarangnya penindakan tilang manual oleh petugas.

“Untuk surat teguran itu, iya itulah untuk menganti surat tilang, ini kan perintah Kapolri pada kami semua, khususnya untuk dilalu lintas,” tuturnya

Diketahui, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah mengeluarkan intruksi kepada seluruh jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk tidak menggelar operasi penindakan tilang pengendara secara manual.

Hal itu sebagai bentuk tindaklanjut atas arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kepada Polri pada 14 Oktober 2022 lalu. Instruksi larangan menggelar tilang secara manual tersebut dituangkan dalam surat telegram Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, per tanggal 18 Oktober 2022.

Surat telegram tersebut ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang menegaskan bahwa penindakan pelanggaran lalu lintas diminta untuk tidak menggunakan tilang manual.

( Med )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *