Satpol PP Bersama Polres Bondowoso Lakukan Pembentukan Satgas Linmas

Berita – Jejakkasus.info -, Bondowoso – Dalam rangka mendukung pelaksanaan rangkaian pesta demokrasi Tahun 2024, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bondowoso gandeng Polres melakukan pembentukan satgaslinmas, Satlinmas Kecamatan dan Satkamling di semua Desa se-kabupaten Bondowoso. Rabu (02/11/2022) di Sabha Bina Praja 2 Pemkab Bondowoso.

Hadir dalam kegiatan tersebut Jajaran Polres Bondowoso Kabid Kasi Satpol PP beserya jajarannya, Kasi Pemerintahan dan Kasi Trantib Kecamatan se-kabupaten Bondowoso.

Dalam sambutannya Nanang Dwi Hariyanto S.H Kapala Bidang Tribum dan Tramas Satpol PP Bondowoso mengatakan, Untuk pembentukan satlinmas Bondowoso dimulai hari ini rabu 02 november 2022, pihaknya mengundang semua kasi pemerintahan dan kasi trantib. “kegiatan pembentukan pelaksanaan rangkaian pesta demokrasi  kali ini kita undang Kasipem dan Kasi Trantib Kecamatan se- Kabupaten Bondowoso, “jelasnya.

Selanjutnya kata Nanang, untuk di kecamatan Satgaslinmas untuk desa Satlinmas.Yang dikecamatan SK nya akan buat oleh Bupati Bondowoso, dan untuk tingkat desa SK nya Desa dibuat oleh Kepala Desa setempat. “Tujuannya untuk pembentukan Satgas Linmas dan Satlinmas itu untuk persiapan pesta demokrasi ditahun 2024, yang mana sekarang ini SK itu masih belum diguguhkan oleh Bupati dan Kepala Desa. Untuk dikecamatan Satgas Linmas itu beranggotakan 10 orang, untuk yang didesa 5 regu sementara ini perdesa itu 13 orang dan kelurahan 15 orang. Apabila Satlinmas desa itu kurang personelnya kades bisa menambahkannya, karena SK Satlinmas itu dibuat oleh kades setempat, “ungkapnya.

Pembentukan Satgas Linmas, Satlinmas dan Satkamling desa dalam rangka mendukung rangkaian pesta demokrasi 2024 tersebut berdasarkan permendagri nomor 26 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta pelindungan masyarakat.

Sementara itu untuk Satgas Linmas Kecamatan dan Satlinmas yang didesa fungsinya juga sebagai informan terkait rokok ilegal yang di kecamatan maupun yang ada didesa. “Berdasarkan undang-undang permendagri nomor 26 tahun 2020, nanti Satgas Linmas dan Satlinmas kita undang untuk mensosialosasikan terkait rokok ilegal yang ada dikecamatan dan yang ada didesa-desa, “tuturnya.

Ditambahkannya, untuk penegakan hukum rokok ilegal tersebut adalah dari pihak Bea Cukai. “Dan Satgas Linmas beserta Satlinmas itu bisa sebagai informan di masing – masing daerahnya, “pungkanya.(yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *