Secara Simbolisme Wabup Irwan Tanam Bibit Penghijauan Di Kelurahan Badean Bondowoso

Berita – Jejakkasus.info -, Bondowoso – Wakil Bupati bersama isteri hadiri penanaman pohon yang didampingi oleh Camat Kota dan Plt Lurah Badean, anggota DPRD Bondowoso beserta ketua Rt/Rw dan warga Dusun Tegal Batu daerah setempat. Kamis (05/01/2022).

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bahctiar mengapresiasi kepada Keluran Badean yang telah melakukan penghijauan di warga sekitar. “Jenis tanaman yang di tanam adalah jenis buah-buahan, ini bisa menambah pendapatan bagi warga. Dan saya tadi sudah bilang ke pak camat agar mereplikasi apa yangbsudah di lakukan oleh kelurahan Badean dan kesemua kelurahan “One Produk One Home, “jelasnya.

Jadi tadi ada dua jenis buah-buahan untuk warga kata Wabup Irwan, yang kedua ada tanaman pohon untuk penyanggah daerah yang rawan longsor yang diakibatkam erupsi dan lain sebagainya. “itu ada beberapa kenis pohon yang ditanam, tadi sudah disampaikan oleh cabang dinas kehutanan wilayah Jawa Timur,” ujarnya.

Dicuaca extrim seperti ini Irwan berpesan kepada selurah masyarakat agar jangan buang sampah sembarangan. “Ciptakan lingkungkungan yang bersih dan yang kedua harus merawat bumi dengan cara menanam pohon,” pesannya.

Sementara itu Plt Lurah Badean Yashinta G. Ditriyanti mengatakan, penanaman pohon tersebut yang secara simbolis oleh wabup kurang lebih 100 bibit pohon. “jenis tanaman itu ada durian, asem dan lantoro. Karena yang disini secara simbolis sisanya tersebar di seluruh badean,” terangnya.

Yashinta juga mengatakan, sementara ini 100 bibit tersebut ada di wilayaj Rt 08 dan untuk luasannya sekitar 1000. “Sebenarnya kami itu mengharapkan bibit tanaman buah, cuma kemaren itu lebih banyak yang tanaman pohon. Jadi ya gak apa-apa namanya kita diberi kita tetap akan memaksimal itu,” ungkapnya.

Nantinya kata Yashinta, karena bibit-bibit itu masih kecil dan perlu perawatan khusus. “nanti ada penyuluhan-penyuluhan ke beberapa warga dari monitoreng cabang dinas kehutanan. Sebenarnya untuk penghijauan banyak yang kami tanam dipinggir jalan, kalau penghijauan di warga kami pilih ditegal batu untuk lahan yang luas, dan ini semua hasil integrasi kami pihak kelurahan dan forkom (forum komunikasi) antar Rt dan Rw,” pungkasnya. (Yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *