Sekda Nias Barat Membuka Pelaksanaan Rakorwasda Tahun 2023

Jejakkasus.info l Nias -, 22 Nov 2023 –
Nias Barat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., MM., mewakili Bupati Nias Barat menghadiri dan membuka secara resmi pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Kabupaten Nias Barat Tahun 2023 yang diselenggarakan Inspektorat Daerah Kabupaten Nias Barat di Ruang Rapat Afo Bappelitbangda, Rabu (22/11/2023).
Melalui sambutannya, Sekda Nias Barat pelaksanaan Rakorwasda dapat menjadi salah satu upaya untuk mendukung terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih serta menjadi ruang advokasi dan komunikasi bagi setiap upaya penerapan pengawasan dan pembinaan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta menguatkan komitmen bersama untuk bekerja lebih baik dan profesional.
Mengingat peran pengawasan sangat penting dalam mendukung terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan di daerah, Sekda Nias Barat menegaskan supaya Inspektorat melaksanakan pengawasan sedini mungkin dan memperluas pengawasan dengan menitikberatkan pada fungsi quality assurance (penjaminan mutu), cusulting (konsultasi) dan problem solving (memberikan masukan dan membantu memecahkan masalah) serta educator (intensifikasi sosialisasi dan edukasi terkait peraturan perundang-undangan).
Kemudian, kepada seluruh perangkat daerah, Sekda Nias Barat berharap agar melaksanakan kegiatan secara tertib, terkendali, efektif dan efisien serta menindaklanjuti setiap temuan hasil pemeriksaan, baik temuan secara administrasi maupun temuan kerugian daerah.
Sebelumnya, Inspektur Daerah Kabupaten Nias Barat, Yosafati Waruwu, melaporkan bahwa pelaksanaan Rakorwasda Kabupaten Nias Barat Tahun 2023 bertujuan untuk menilai efektifitas penyelesaian tindaklanjut hasil pembinaan dan pengawasan, baik internal maupun eksternal untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja pengelolaan keuangan daerah, penyampaian rumusan hasil pengawasan kinerja pengelolaan keuangan daerah dan mengkoordinasikan perencanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan pakta integritas pencegahan tindak pidana korupsi oleh seluruh Kepala OPD, Pejabat Eselon III dan Eselon IV di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Nias Barat disaksikan oleh Sekretaris Daerah dan Inspektur Kabupaten Nias Barat.
Pelaksanaan Rakorwasda ini dihadiri Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala OPD dan seluruh Kasubbag Program dan Keuangan masing-masing OPD.

(TZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *