Selayang Pandang Wisata Unggulan Kabupaten Kaur.

by -1,155 views

 

www.jejakkasus.info | Propinsi Bengkulu, Kabupaten Kaur -Kabupaten Kaur salah Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang letaknya paling barat berbatasan langsung dengan Provinsi Lampung dengan luas wilayah 2.369,5 km², terdiri dari 15 Kecamatan, kaur cukup banyak memiliki wisata unggulan diantaranya Bunga Raflesia dan bendungan PLTA Air Padang Guci yang terletak di Kecamatan Padang Guci Hulu.

Bunga raflesia merupakan tumbuhan langka memimiliki bentuk dan warna yang unik, dengan keunikkanya tersebut bunga dengan warnah merah bercorak putih ini telah dikenal skala nasional, bahkan tak jarang wisatawan lokal maupun Manca Negara berkunjung ke Kabupaten Kaur hanya untuk melihat bunga cantik tersebut.

Dalam sepekan terakhir komunitas peduli puspa langka telah banyak menjumpai bunga langka tersebut tumbuh di kawasan hutan wilayah Kecamatan Padang Guci Hulu, agar habitat langkah itu tetap terjaga komunitas peduli puspa langka bersma BKSDA telah memetakan kawasan tempat tumbuhnya bunga tersebut sebagai daerah konservasi.

Selain Komunitas peduli puspa langka kelompok pemuda sadar wisata dari Kecamatan Padang Guci Hulu Desa Manau IX telah menjadikan habitat bunga langka itu sebagi tujuan ekowisata andalan daerah setempat.

Selain mempunyai bunga yang unik dan telah mendunia, di Kecamatan Padang Guci Hulu juga memiliki wisata alam yang tidak kala menariknya dengan daerah lain yaitu Bendungan PLTA Air Padang Guci, selain telah memberikan suplai daya listrik untuk masyarakat kaur, keindahan sungai dengan airnya yang bening dan keasrian alam diseputar bendungan dapat membawa kesejukan serta kedamaian untuk melepas rasa jenuh bagi pengunjung setelah melakukan aktivitas sehari hari. (Iwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *