Sesungguhnya Apabila Kita Mati “Akan terputus semua amalan” Kecuali 3 Hal.

oleh -12 views

Jejakkasus.info | Ketika manusia meninggal dunia, Maka akan terputus sudah amal jariahnya terkecuali tiga perkara Diantaranya : Sedekah jariyah, ilmu bermanfaat dan doa anak yang sholeh. Sebagaimana disebutkan dalam hadits tentang 3 amal yang tidak terputus pahalanya mesipun sudah wafat.

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: “Apabila manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

Amalannya yang tetap mengalir ke alam kubur.

1. Bersedekah/ Sedekah Jariyah.

Sedekah jariyah merupakan sedekah yang diniatkan semata-mata untuk kebaikan. Nantinya, kebaikan tersebut masih bisa bermanfaat meski orang yang memberi sudah meninggal.

Dalam sedekah jariyah seperti membangun masjid, menyediakan perlengkapan shalat di masjid, mewakafkan tanah untuk jalan, atau sejenisnya.

Pahala sedekah jariyah bisa terus mengalir sampai ke alam kubur, Nabi Muhammad sangat menganjurkan umatnya untuk memperbanyak sedekah jariyah.

2. Ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang baik bisa menjadi ladang pahala yang berlipat ganda. Semisal saja, seorang muslim mengajarkan ilmu kepada muslim lainnya, kemudian ilmu tersebut diamalkan orang itu, serta diajarkan kepada orang lainnya, dan terus menerus sampai ilmu bermanfaat bagi orang banyak. Maka, orang yang turut mengamalkan dan mengajarkan akan mendapat pahala terus menerus hingga ke liang.

Doa anak yang shaleh bisa menjadi amalan baik bagi orang tua yang telah meninggal dunia, orang tua selama masih hidup dituntut mendidik seorang anak agar menjadi anak yang shaleh.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar”. Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.

Disusun oleh : Supriyanto alias ilyas Ketua Umum Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti Korupsi (Gmicak).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *