Shalat Tahajud Akan Diangkat Derajatnya Oleh Allah SWT.

oleh -16 views

Jejakkasus.info | Hikmah Islami

Shalat Tahajud adalah shalat sunah muakad yang didirikan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur.

Shalat ini bukanlah bagian dari salat lima waktu yang diwajibkan bagi umat Muslim dan dapat dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Keutamaan salat tahajud: Akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.
Hal ini termaktub dalam firman Allah SWT dalam surah Al-Isra ayat 79 yang artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Salat tahajud merupakan amalan salat yang tidak biasa. Sebab dalam salat tahajud terdapat banyak sekali keutamaan yang tidak kamu dapatkan dalam salat lainnya. Demikian pula diriwayatkan bahwa salat tahajud merupakan amalan salat yang sangat diperhatikan oleh Rasulullah.

Shalat tahajud juga tidak mudah dikerjakan karena akan banyak cobaan yang menghampiri umat muslim yang akan melaksanakannya. Apalagi shalat tahajud ini dilaksanakan pada waktu sepertiga malam, yaitu dari habisnya waktu isya hingga menjelang terbit fajar.

Dalam firman Allah tersebut, Allah ingin menegaskan kepada umat muslim jika ingin mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah atau di sisi manusia dan makhluk Allah lainnya, maka laksanakanlah salat tahajud dengan khusyu. Dengan begitu Allah akan memberikan tempat dan derajat yang tinggi untuk orang mukmin tersebut apabila ia melakukannya dengan mengharap rida Allah SWT.

Akan dibimbing oleh Allah pada setiap langkahnya.

Syarat salat tahajud adalah diharuskannya untuk tidur terlebih dahulu kemudian bangun pada sepertiga malam untuk melaksanakannya.

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Dalam firman Allah tersebut, Allah ingin menegaskan kepada umat muslim jika ingin mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah atau di sisi manusia dan makhluk Allah lainnya, maka laksanakanlah salat tahajud dengan khusyu. Dengan begitu Allah akan memberikan tempat dan derajat yang tinggi untuk orang mukmin tersebut apabila ia melakukannya dengan mengharap rida Allah SWT.

Orang mukmin yang melaksanakan shalat tahajud di waktu malamnya tidak akan pernah berada dalam kesulitan jika ia mendapatkan masalah dalam kehidupannya.

Allah SWT sudah menjaminnya bahwa Allah akan memberikan solusi atas setiap masalah yang menimpanya.

Melaksanakan shalat tahajud dengan khusyu tidak akan pernah mengeluh, tidak akan merasa khawatir, dan berprasangka buruk atas segala masalah kehidupan yang datang kepadanya. Malah sebaliknya, ia akan selalu diberikan ketenangan dan bimbingan oleh Allah SWT atas setiap masalahnya.

“Sesungguhnya di waktu malam terdapat suatu saat, tidaklah seorang muslim mendapati saat itu, lalu dia memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala dari urusan dunia maupun akhirat, melainkan Allah akan memberikannya kepadanya. Demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. Muslim).

Keutamaan orang mukmin yang melaksanakan salat tahajud yang akan membuat orang lain iri kepadanya adalah ia akan dijadikan penghuni surga Allah SWT. Banyak manusia di Bumi ini yang mengharap rida dan surga Allah SWT. Dengan melaksanakan salat tahajud secara khusyu dan benar maka Allah akan berikan keinginan tersebut.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Baihaqi, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda yang artinya:

“Pada hari Kiamat, manusia dihalau di tanah lapang, kemudian malaikat berseru ‘Mana orang yang sholat Tahajud’, hanya sedikit yang bangkit. Mereka lantas dipersilahkan masuk surga, tanpa dihisab.”

Firman Allah SWT dalam surah Al-Furqan ayat 63-64 yang artinya:

“Ada pun Ibadurrahman itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” Dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.” Diberikan Allah jalan keluar terhadap masalah.

Disusun oleh : Supriyanto als Ilyas Ketua Umum Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti Korupsi (Gmicak),

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *